ILLUSTRASI

HAPAKAT – Untuk pencegahan anemia pada masa kehamilan, para ibu hamil diminta secara rutin mengkonsumsi vitamin.  Hal tersebut disampaikan oleh Kasubdit Pemberdayaan dan Gizi Masyarakat Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas, dokter Entos Zainal.

Dikatakan Entos (12/9), khususnya bagi ibu hamil, minimal mengkonsumsi sebanyak 90 butir vitamin penambah darah ini selama masa kehamilan. Menurutnya, vitamin penambah darah tersebut bisa didapatkan melalui Dinas Kesehatan setempat karena upaya pencegahan ini merupakan salah satu bantuan logistik dari program 1.000 hari pertama kehidupan.

Entos berharap kepada seluruh pihak agar dapat sama-sama memperhatikan masalah kesehatan bagi para ibu hamil ini agar benar-benar mengkonsumsi vitamin penambah darah itu. Kosumsi vitamin ini berpengaruh juga pada kesehatan anak saat didalam kandungan.

Menurut Entos, yang tidak kalah penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia atau SDM setelah 1.000 hari pertama kehidupan adalah stimulasi terhadap otak anak. Seperti memasukan anak ke dalam pendidikan anak usia dini atau PAUD sehingga menjadi pendidikan alternatif dalam merangsang pertumbuhan otak motorik halus dan motorik keras.

Selain PAUD keluarga juga merupakan wadah tumbuh kembang otak anak dengan memberikan permainan yang dapat mengasah otak agar anak tersebut akan semakin baik tumbuh kembangnya.

Pemenuhan gizi merupakan faktor yang tidak dapat dihidari dari tumbuh kembang setiap anak. Gizi yang baik akan melahirkan anak dengan tumbuh kembang yang baik. (HPK-05AYU/ HPK-77)

BERBAGI