PAKET SEMBAKO – Pasar murah yang menjual paket sembako harga terjangkau menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 kembali digelar Disperindagkop dan UMKM di Kecamatan Kahayan Hilir, Kecamatan Jabiren Raya dan Kecamatan Kahayan Tengah. (FOTO HPK-77/DENK)

HAPAKAT – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM menggelar pasar murah untuk meringankan masyarakat khususnya umat Kristiani memperingati perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru 2019.

Pasar murah dilaksanakan di 3 kecamatan mulai Pukul 08.00. Kecamatan Kahayan Hilir di halaman Gereja Victoria pada 18 Desember 2018. Kecamatan Jabiren Raya di Gereja Epata pada 20 Desember 2018. Kecamatan Kahayan Tengah di halaman Kantor Kecamatan pada 22 Desember 2018.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Pulang Pisau, Elieser Jaya melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Perdagangan, Rianti Miasi mengatakan dalam pasar murah menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, pihaknya menyediakan sebanyak 2.120 paket sembako. Jumlah tersebut disebar dengan rincian 920 paket di Kecamatan Kahayan Hilir. Masin-masing 600 paket di Kecamatan Jabiren Raya dan Kahayan Tengah.

Menurut, Rianti nilai satu paket sembako ini sebesar Rp75 ribu mendapat disubsidi Rp25 ribu sehingga masyarakat hanya membeli dengan harga Rp50 ribu,. Alokasi anggaran pasar murah yang menjadi agenda setiap tahun ini mendapat dana dari APBD Kabupaten sebesar Rp25 Juta dan APBD Provinsi Kalteng sebesar Rp28 Juta dan bekerjasama dengan Perum Bulog Sub Divisi Regional Kapuas.

Untuk paket sembako  terdiri dari minyak goreng 1 liter, gula pasir, tepung terigu, sirup, teh dan sprite/fanta/coca-cola.

Mekanisme pasar murah ini, terang Rianti, pendistribusiannya melalui kupon yang disalurkan bekerjasama dengan TP PKK, Bhayangkari dan Dharma Wanita Persatuan (DWP). (HPK-77)

BERBAGI