HAPAKAT – Musim penghujan digunakan berbagai jenis nyamuk untuk berkembang biak. Tak terkecuali bak mandi dan saluran air yang tidak rajin dibersihkan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau dr Mulyanto Budihardjo, Kamis (15/11/18).

Dikatakan Mulyanto untuk penyakit demam berdarah (DBD) pada musim hujan seperti sekarang ini biasanya serangan nyamuk demam berdarah meningkat sehingga melakukan tindakkan pencegahan itu dinilai jauh lebih baik.

Untuk mengantisipasi adanya berkembang biakan nyamuk, terutama nyamuk Aedes aegypti (demam berdarah), Mulyanto  menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan. Seperti menerapkan 3M plus (Menguras, Menutup, Mendaur) Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan,menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. (HPK-05AYU)

BERBAGI