NET

HAPAKAT – Dinas Kesehatan Ka bupaten Pulang Pisau meminta kepada masyarakat  untuk waspada terhadap penyakit yang biasanya muncul saat memasuki pergantian musim atau pancaroba.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr Mulyanto Budihardjo MHlthSc mengatakan bahwa saat memasuki musim pencaroba dan musim penghujan, sejumlah penyakit akan muncul di pada musim-musim tertentu.

Menurut Mulyanto, ada sejumlah penyakit yang mudah menyerang masyarakat saat musim pancaroba tiba, salah satunya adalah penyakit  Demam Berdarah Dangue (DBD).

Untuk penyakit demam berdarah, Mulyanto mengakui beberapa waktu lalu ada satu kasus penderita DBD yang hampir meninggal, namum cepat dilakukan penanganan sehingga si penderita dapat kembali pulih. Dirinya mengklaim, masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau sudah mulai mengerti cara menjaga kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat.

Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau. Masa pancaroba biasa ditandai dengan frekuensi tinggi badai, hujan yang sangat deras disertai guruh, serta angin yang bertiup kencang. (HPK-05AYU)

BERBAGI