BANTUAN – Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo menyerahkan bantuan kepada pelaku usaha yang menjadikan ikan sebagai produk olahan. (Foto HPK-05AYU)

HAPAKAT – Display Produk Ikan (Dapur Ikan) yang merupakan outlet Dinas Perikanan yang merupakan cikal bakal tempat pemasaran dan menampung hasil produk olahan khas Kabupaten Pulang Pisau yang diolah dengan bahan dasar ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, Riduan Syahrani mengatakan di daerah setempat banyak kelompok pengolah produk ikan yang masih terkendala dalam hal pemasaran setiap produk olahannya.

Untuk mengakomodir hal itu, Dinas Perikanan menjadikan Dapur Ikan sebagai salah satu tempat pemasaran yang pengelolaannya diserahkan kepada kelompok. Dikatakan Riduan, kedepannya pihaknya merencanakan bukan hanya memperkenalkan satu produk saja, namun di Dapur Ikan juga akan digabungkan memperkenalkan produk dari pertanian, perkebunan, maupun kerajinan, yang nantinya akan mengandeng beberapa dinas. Koordinasi sangat diperlukan dengan bebagai pihak terkait untuk menjadikan Dapur Ikan sebagai tempat yang strategis untuk memasarkan produk-produk yang dimiliki kabupaten Pulang Pisau.

Melalui Dapur Ikan, kata Riduan Syahrani, setiap produk unggulan akan sangat cepat dikenal dan laku di masyarakat jika dikaitkan dengan wisata kuliner. Dapur ikan masih belum ada rencananya akan dikembangkan di sepanjang ruas jalan Trans Kalimantan dan mengakomodir berbagai produk olahan unggulan dari kecamatan dan desa untuk dipasarkan.

Riduan Syahrani menambahkan, pada setiap produknya saat ini masih perlu penyempurnaan, nantinya pihaknya akan bekerjasama dengan BPOM dan Dinas Kesehatan terkait keamanan dan ketentuaan masa berlaku setap produk tersebut. Dirinya mengatakan di Tahun 2018 mendatang pihaknya akan melangkah ke tahap penyempurnaan produk. (HPK-05AYU)

BERBAGI