SOSIALISASI - Ketua Posyandu Desa Hanjak Maju, Mujiyati memberikan penyuluhan terkait STBM yang bertujuan mengubah prilaku masyarakat menerapkan pola hidup sehat. (FOTO HPK-08MAX)

HAPAKAT –Posyandu Desa Hanjak Maju mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Ketua Posyandu Desa Hanjak Maju, Mujiyati (4/4/2018) mengatakan sosialisasi atau penyuluhan dilakukan dengan sasaran para orang tua Balita yang ada di desa tersebut. STBM adalah salah satu pendekatan melalui pemberdayaan masyarakat untuk merubah prilaku higienis dan kebersihan sanitasi.

Beberapa hal yang ditekankan dalam penyuluhan kepada orang tua Balita ini diantaranya untuk mendorong masyarakat untuk tidak membuang air besar (BAB) sembarangan, cuci tangan menggunakan sabun, penggunaan air bersih, cara pengolahan air rumah tangga yang bersih dan jamban sehat.

Menurut Mujiyati, yang dimaksud dengan jamban sehat adalah fasilitas pembuangan tinja yang efektif dengan cara tidak buang air besar (BAB) di sembarang tempat, khususnya ke badan jalur air yang juga digunakan untuk mencuci dan mandi.

Menurut Mujiyati, secara tidak langsung penerapan pola hidup sehat bertujuan juga  untuk menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) dan kematian ibu hamil. Penyuluhan ini, kata dia, adalah bagian dari kegiatan rutin yang dilakukan oleh Posyandu Desa Hanjak Maju setiap bulan dengan melaksanakan pembinaan teknis dan berkelanjutan kepada masyarakat oleh para kader Posyandu sebagai wadah pelayanan kesehatan masyarakat dari masyarakat.

Dalam penyuluhan ini, Nety Suriani selaku petugas medis di Pustu Desa Hanjak Maju juga menghimbaukan agar ibu-ibu di desa ini tidak sembarang BAB karena dampaknya sangat buruk khususnya bagi anak-anak berusia di bawah 3 tahun dan bisa menyebabkan kematian karena penyakit diare. (HPK-08MAX)

BERBAGI