24 orang Panwascam diambil sumpah janjinya Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РKetua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulang Pisau, Zahrotul Mufidah (24/5/2024) mengungkapkan  ada sebanyak 24 orang Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang dilantik untuk mengawal proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di kabupaten setempat.

Zahrotul mengatakan, dari delapan kecamatan yang ada nantinya masing-masing ada tiga orang Panwascam yang bertugas. Usai pelantikan dan pembekalan ini mereka juga sudah bisa bekerja dan mengawal proses penyelenggaraan tahapan di Pilkada 2024 yang diketahui sudah dimulai pada tahapannya.

Ia menginginkan 24 orang Panwascam ini bisa bekerja dengan sungguh-sungguh dan mentaati sumpah janji yang telah mereka ucapkan sebelumnya. Dorongan ini agar Pilkada 2024 bisa berjalan dengan lancar.

Lanjut dijelaskan Zahrotul, untuk 24 Panwascam ini 20 orang adalah hasil evaluasi yang sudah ada atau Panwascam yang sebelumnya juga bertugas di Pemilu 2024. Sementara untuk 4 orang lainnya merupakan hasil perekrutan baru sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) yang di keluarkan Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau.

Zahrotul menambahkan, setelah pelantikan ini 24 orang Panwascam bisa langsung bertugas untuk mengawasi tahapan Pilkada 2024 yang ada di kecamatan masing-masing. Selanjutnya Bawaslu Kabupaten Pulang dalam waktu dekat ini juga melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan wawancara untuk calon Panitia Pengawas Pemilihan (PKD).

Zahrotul berharap, pada Pilkada 2024 Panwascam bisa bekerja secara maksimal, dan mampu menjunjung tinggi kode etik dalam segala aktivitas selama Pilkada. Anggota Panwascam juga harus bisa memahami tugas, wewenang, dan kewajibannya yang telah diatur dalam Undang-undang dan tidak melanggar sumpah janji yang diucapkan. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)