Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РPelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Sopiyah melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Pande Putu Gina (21/3/2022) mengungkapkan saat ini  jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Pulang Pisau sudah mulai melandai.

Walaupun kasus pasien terkonfirmasi postif COVID-19 melandai, masyarakat di kabupaten setempat di wajibkan harus mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjalankan 3M, yaitu  memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

dr Pande mengatakan, puncak mulai meningkatnya angka penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pulang Pisau terjadi pada awal bulan Februari 2022. Berbeda pada bulan Maret yang angka kasusnya mulai menurun. Meski kasus COVID-19 tidak mengalami lonjakan masyarakat diminta untuk tetap waspada, karena tidak lama lagi memasuki bulan ramadan.

dr Pande menjelaskan, Dinas Kesehatan setempat juga sudah mempersiapkan langkah kedepan bersama Satgas COVID-19 untuk melakukan pemantauan langsung ke lapangan, seperti tempat perbelanjaan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat. Monitoring selama bulan ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri diterapkan dan berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya sebagai langkah antisipasi dan evaluasi Satgas COVID-19 di wilayah setempat dan pihak terkait lainnya. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)