Seluruh belahan dunia sedang dilanda pandemi corona virus disease (COVID-19), berawal dari kota Wuhan yaitu pada bulan Desember 2019 dan merambah ke berbagai Negara eropa, asia tanpa kecuali Negara Indonesia.
Tentunya hal ini berdampak terhadap semua sektor kehidupan seperti bidang ekonomi, pariwisata dan dunia pendidikan. Dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bahkan sampai keperguruan tinggi, sebagai mana anjuran dari pemerintah agar mata rantai penyebaran virus corona tidak meluas maka mewajib semua sektor untuk membatasi sementara kegiatan.
Di bidang pendidikan pemerintah mewajibkan pembelajaran tetap berlangsung meskipun harus berlajar di rumah saja atau dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dikenal dengan dua kegiatan pembelajaran yaitu Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring).
Adapun beberapa hambatan dan kendala yang dialami oleh warga sekolah khususnya di SD Negeri Rampa Mea Kecamatan Dusun Utara Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah dan kemungkinan juga dialami di beberapa sekolah sekitarnya, yaitu;
- Jaringan internet yang tidak stabil, dikarenakan wilayah ini adalah daerah perbatasan;
- Kondisi ekonomi orang tua, banyak siswa tidak mampu memiliki handphone berbasis android;
- Memiliki handphone, namun tidak memiliki pulsa internet.
Di era adaptasi baru ini, dimana pemerintah sudah mulai mengizinkan beberapa sekolah baik di Kabupaten/Kota untuk melakukan pertemuan pembelajaran secara terbatas, tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan.
Kondisi ini memacu saya sebagai tenaga pendidik di daerah untuk menerapkan kegiatan belajar mengunakan media PPT.
Menurut W.J.S Poerwardarminta dalam kamus umum bahasa Indonesia, menyebutkan bahwa media adalah alat (sarana) untuk menyebarluaskan informasi.
Adapun pengertian media secara umum adalah sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim kepada penerima pesan dengan tujuan meningkatkan pemahaman penerima pesan.
Apa itu media PPT?
Hujair AH Sanakay (2009;127-128) mengemukakan bahwa media power point adalah program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi dibawah Microsoft office program computer dan tampilan ke layar menggunakan bantuan LCD proyektor.’
Media pembelajaran dengan PPT yang digunakan guru untuk menunjang dalam proses belajar mengajar dengan tujuan pembelajaran dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam proses pembelajaran dapat berlangsung dan menjadi proses umpan balik dalam penyajian materi.
Sebagai tenaga pendidik yaitu guru harus bisa mendidik dan membantu siswa untuk belajar secara baik dan mengerti dalam menyajikan pembelajaran, serta mengupayakan dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, menarik, nyaman dan kondusif sehingga siswa mampu menerima dan memahami pembelajaran dengan baik.
Sesuai dengan perkembangan zaman dalam menghadapi pendidikan di era abad 21, peran guru dituntut untuk dapat menerapkan TPACK (Technologi Pedagocal Knowledge) merupakan pengetahuan yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
Harapannya media pembelajaran PPT berfungsi untuk menampilkan poin, materi presentasi lebih ringkas, dan dikemas dalam template yang lebih menarik. Poin pembelajaran yang ditulis bisa didesain lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga tujuan pembelajaran dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik.
Penulis: MAYUPA, S.Th NIP: 198310272010012007 SDN RAMPA MEA, KECAMATAN DUSUN UTARA, KABUPATEN BARITO SELATAN, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH