Sholat tarawih di Masjid Nurul Iman di hari pertama menyambut datangnya bulan ramadhan. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РDatangnya bulan ramadhan 1443 Hijriah dan dilonggarkannya aturan pemerintah terkait pendemi COVID-19 tahun ini, disambut dengan penuh semangat masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau terlihat dari antusias umat muslim di hari pertama sholat  tarawih.

Ketua Pengurus Masjid Nurul Iman Jalan Tingang Menteng Kecamatan Kahayan Hilir Ahmad Hernadi (2/4/2022) mengatakan bahwa untuk jamaah yang datang menunaikan sholat tarawih sudah lebih meningkat, berbeda dari tahun sebelumnya. Banyak masyarakat yang telah lama rindu datangnya bulan suci ramadhan ini.

Ahmad Hernadi yang juga selaku imam sholat tarawih ini mengungkapkan jamaah yang melaksanakan sholat tarawih juga sudah terlihat lebih tenang, dikarenakan mereka sudah tidak lagi di bayang-bayangi pandemi COVID-19. Masyarakat sekarang bisa melaksanakan ibadah di masjid dengan khusuk dan sungguh-sungguh.

Sebelumnya, kata Ahmad Hernadi, selama masa pandemi COVID-19 lalu berbagai kegiatan ibadah juga ikut terganggu dengan adanya aturan pemerintah terkait dengan pembatasan jamaah untuk beribadah. Perubahan ini menjadi sebuah hikmah dan rasa syukur bagi masyarakat, karena ramadhan tahun ini para jamaah bisa lebih meningkatkan ibadah di masjid sebagai pusat berbagai kegiatan keagamaan.

Dirinya berharap, ramadhan tahun ini semuanya diberikan kelancaran dalam beribadah dan diisi dengan memaksimalkan baca Alquran dan ibadah lainnya seperti sholat tahajud. Berpuasa bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar saja, namun lebih dari itu menjadi kesempatan bagi kita untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)