HAPAKAT РKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo (7/5/2018) mengatakan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli (E.Coli) adalah bakteri yang menyebabkan ratusan warga di Desa Garantung Kecamatan Maliku mengalami keracunan usai  menyantap nasi bungkus saat menghadiri kampanye salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pulang Pisau beberapa waktu lalu.

Bakteri ini, kata dia, apabila seseorang terinfeksi akan mengalami diare, nyeri dan kram perut, hingga mual dan muntah-muntah. Berdasarkan hasil uji sampel dan uji laboraturium yang telah dilakukan BPOM menunjukan bahwa kasus dugaan keracunan massal tersebut murni terjadi akibat makanan tersebut terkontaminasi kedua bakteri ini, sehingga menyebabkan ratusan warga mengalami keracunan secara massal.

Muliyanto mengimbau agar warga dapat sekaku menjaga kebersihan, karena bakteri ini berkembang di lingkungan yang kurang sehat dan bakteri ini masuk makanan yang diolah dengan secara langsung. (HPK-05AYU)