Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menyerahkan bantuan mobil operasional kepada DLH meneruskan bantuan dari Bank Kalteng dalam memaksimalkan penanganan sampah. (FOTO IST)

TRANS HAPAKAT – Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang (18/9/2023) memberikan apresiasi kepada Bank Kalteng setelah menerima bantuan satu unit mobil pick up hidrolik pengangkut sampah ini sebagai wujud kepedulian untuk memaksimalkan dalam penanganan sampah di kabupaten setempat.

Pudjirustaty menjelaskan, terealisasinya bantuan dari Coorporate Sosial Responsibility (CSR) dari Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau merupakan bentuk kerjasama dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dari sampah.

Dikatakan Pudjirustaty, secara terintegrasi berbagai bantuan masih sangat diperlukan untuk segala kebutuhan masyarakat dalam pengelolaan persampahan. Saat ini semakin bertambah jumlah penduduk dan pemukiman di kabupaten setempat tentunya volume limbah sampah rumah tangga juga ikut bertambah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau Hendri Arroyo juga memberikan apresiasi atas kepedulian Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau yang telah memberikan bantuan armada pick up hidrolik. Bantuan ini tentunya bisa menjadi alternatif solusi dalam menangani persampahan khususnya di lingkungan perkotaan.

Dirinya mengatakan, armada pick up hidrolik ini nantinya bisa dijadikan transportasi penyangga pengangkutan sampah dari TPS -TPS. Apalagi saat ini permasalahan sampah masih menjadi polemik yang belum terselesaikan, terutama di kawasan TPS yang ada di kawasan Jalan Rei II dan Rei I.

Menurut Hendri Arroyo, bahwa poin utama pengelolaan sampah tidak terlepas dari dukungan seluruh instrumen baik berupa kebijakan, penganggaran, serta yang paling penting adalah membangun kesadaran tentang kebersihan dan keindahan lingkungan. Melalui pihak kecamatan, kelurahan dan desa diharapkan besama mensosialisasikan ke tingkat RT agar secara tertib dan teratur membuang sampah ditempat yang telah disiapkan.

Hendri Arroyo menambahkan, bahwa saat ini pemerintah daerah setempat melalui Dinas PUPR juga mendapatkan bantuan berupa pembangunan TPS 3R dari Balai Pemukiman dan Prasarana Wilayah (BPPW) Provinsi Kalimantan Tengah. Rencananya bangunan ini akan didirikan di Desa Bereng dan Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir sebagai upaya untuk mengurangi tonase sampah sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)