Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau, Eknamesi Tawun. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau Eknamesi Tawun (21/7/2010) mengungkapkan bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten setempat menjadi bantuan penuntas bagi masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Menurut Eknamesi Tawun, pemerintah pusat dalam membantu warga terdampak akibat pandemi COVID-19 telah banyak menyalurkan bantuan sosial yang diwujudkan dalam program Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Sosial Tunai (BST), serta bantuan lain dari Kementrian Sosial maupun bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) .

Namun, terang dia, bantuan sosial tersebut masih belum bisa menutupi semua keluarga penerima manfaat yang ada didalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Pulang Pisau, sehingga keluarga yang belum menerima bantuan sosial dan berhak dibantu dialokasikan untuk mendapatkan bantuan sosial yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Pulang Pisau

Menurut Eknamesi Tawun, bantuan sosial yang dipersiapkan oleh pemerintah setempat mencapai 3.000 keluarga se-Kabupaten Pulang Pisau. Saat ini Dinas Sosial masih melakukan koordinasi dengan Bupati Pulang Pisau mengenai besaran bantuan sosial dan kapan waktu penyalurannya. Terkait dengan teknis penyaluran bantuan, menurutnya kembali  bekerjasama dengan Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau.

Dirinya berharap masyarakat penerima yang telah diusulkan dapat bersabar. Setelah semua proses administrasi, verifikasi dan pemenuhan ketentuan lain selesai, secepatnya bantuan sosial disalurkan kepada penerima manfaat sesuai dengan data yang ada di Dinas Sosial setempat. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)