TRANS HAPAKAT – Direktur BLUD RSUD Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo (9/6/2022) mengungkapkan perbaikan pelayanan merupakan perjuangan tiada akhir dan menjadi prioritas. Kompleksitas layanan dan penambahan infrastruktur penunjang terus diupayakan agar RSUD setempat untu memberikan pelayanan terhadap pasienĀ yang maksimal demi wujudkan layanan bintang lima.
Dikatakan Muliyanto, pemenuhan dan bertambahnya sumber daya manusia ( SDM) serta pemenuhan tuntutan dari keluarga pasien menjadi tantangan bagi RSUD Pulang Pisau dalam meningkatkan kualitas layanan. Bukan hanya pelayanan yang baik, akan tetapi lebih dari itu sesuai dengan pasien pasien dan keluarga yang mendambakan diberikan pelayanan yang prima.
Muliyanto mengatakan, secara berkesinambungan saat ini RSUD Pulang PisauĀ selalu berupaya mengevaluasi dan memperbaiki layanan. Bagaimana berusaha memberikan pelayanan yang maksimal baik kepada pasien maupun keluarga pasien. Tahun ini RSUD setempat juga sedang menghadapi penilaian Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk menuju mutu pelayanan rumah sakit berbintang lima.
Lanjut dikatakan Muliyanto, pembenahan dan peningkatan sarana penunjang rumah sakit, serta penguatan sumber daya manusia (SDM) adalah bagian persiapan menuju rumah sakit dengan pelayanan bintang lima,
Berkaitan dengan persiapan menuju pelayanan bintang lima itu, terang Muliyanto, semua komponen di RSUD Pulang Pisau telah melakukan berbagai upaya diantaranya terus menambah pembangunan fasilitas gedung dan ruangan pasien, penambahan dokter spesialis, serta pemenuhan alat-alat medis secara bertahap, termasuk CT scan yang telah diusulkan.
Muliyanto mengatakan untuk memperoleh akreditasi bintang lima itu, ada target dan persyaratan standar mutu pelayanan rumah sakit yang berlaku dan di tentukan oleh tim KARS, yang harus dilakukan dengan baik dan berkesinambungan.
Lanjut dikatakan Muliyanto, mutu pelayanan yang baik dan maksimal itu bukan sekedar memenuhi standar pelayanan prima semata, tetapi memberikan kepuasan dan kenyamanan terhadap pasien, baik pasien rawat inap dan keluarga pasien.
Muliyanto menerangkan, berbagai faktor menuju pelayanan bintang lima di RSUD Pulang Pisau telah dimulai dengan strategi seperti pemantauan dan keteladanan pimpinan, itikad baik dan upaya perbaikan yang terus menerus dari seluruh sektor didukung dengan sarana yang memadai. Pemenuhan strategi ini pelayanan prima menjadi semakin mudah untuk dicapai.
Selanjutnya, terang Muliyanto, meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan profesional dalam memberikan pelayanan yang baik pada bagian terdepan. Ia juga berharap doa dan dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan RSUD Pulang Pisau dengan pelayanan bintang lima tersebut. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)