Bupati Pulang Pisau Pudjirustati Narang melihat dari dekat sejumlah bahan pangan yang dijual dalam pasar mitra tani. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Antusias masyarakat yang membeli sejumlah bahan pangan di Pasar Mitra Tani yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia di halaman Stadion HM Sanusi Kabupaten ┬áPulang Pisau, Selasa (26/4/2022) diapresiasi Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang .

Pudjirustaty Narang mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan pasar mitra tani ini, tentunya bisa membantu dan meringankan kebutuhan masyarakat dan juga meningkatkan pendapatan para petani yang bisa langsung menjual hasil panen. Masyarakat juga bisa menikmati jual beli dengan harga yang lebih murah dalam pasar tersebut.

Menurut Pudjirustaty, pasar mitra tani ini diharapkan bisa membantu untuk menstabilkan harga bahan pangan yang ada di pasaran menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Kestabilan harga ini secara tidak langsung mampu menekan inflasi yang terjadi setiap mendekati perayaan hari besar keagamaan.

Melalui gelaran pangan murah Kementan ini, dirinya berharap bisa memberikan nilai manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau. Dimana, kegiatan ini juga sebagai acuan bagi pemerintah untuk memastikan kesediaan stok pangan aman, tidak ada mengalami kekurangan.

Dikatakan Pudjirustaty, kerjasama yang saling sinergis dari Kementerian Pertanian dengan pemerintah provinsi dan pemerintah setempat, membuat pasar mitra tani ini bisa berjalan lancar. Ia juga berharap pasar seperti ini bisa dilakukan di setiap menjelang perayaan hari besar keagamaan lainnya.

Robet, warga RT.009 Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir salah satu pembeli di pasar mitra tani mengatakan adanya pasar ini tentu sangat membantu masyarakat. Harga jual bahan pangan dijual lebih murah dari harga yang ada di pasaran.

Pria berusia 40 tahun ini juga berharap pasar mitra tani ini bisa dilakukan pemerintah di setiap secara berkala dan pada saat menjelang perayaan hari-hari besar lainnya. Kedepan, dirinya berharap dalam kegiatan pasar tersebut, pemerintah bisa menambah lagi jenis-jenis bahan pangan yang dijual dan dibutuhkan masyarakat.

Sejumlah bahan pangan yang dijual di pasar mitra tani Kementan di Kabupaten Pulang Pisau ini diantaranya minyak goreng dibadrol harga Rp22.500 perliter, telur ayam ras Rp47.000 per tabak, bawang merah Rp26.000 perkilogram, bawang putih Rp26.000 perkilogram, gula pasir Rp13.000 perkilogram, cabai rawit Rp40.000 perkilogram dan daging beku dijual Rp80.000 perkilogram. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)