Plt Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang (13/7/2021) mengingatkan kepada perangkatnya di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa bekerja maksimal mengejar target yang ┬áditentukan oleh pemerintah setempat.

Dalam rapat koordinasi pengendalian pembangunan (Rakordal) pelaksanaan kegiatan pembangunan pada triwulan II Tahun 2021 harus bisa menjadi bahan evaluasi terhadap kinerja terhadap masing-masing perangkat daerah.

Lanjut dikatakan Pudjirustaty, bahwa target dalam pelaksanaan pembangunan sampai pada Triwulan II masih belum tercapai karena pada awal tahun terkendala penatausahaan keuangan. Memasuki Triwulan III dirinya meminta kepada seluruh pimpinan OPD agar penyerapan anggaran dapat ditingkatkan.

Menurut Pudjirustaty, seluruh program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pemerintah setempat tidak hanya sekedar dilaksanakan tepat waktu dengan target yang telah ditetapkan. Namun, yang paling penting adalah bagaimana output dari kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, pemulihan ekonomi, dan mengurangi angka kemiskinan sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Belanja daerah, terang dia, merupakan salah satu formula dalam menghitung pertumbuhan ekonomi, selain investasi ekspor dan impor belanja rumah tangga. Pemerintah setempat fokus dalam membelanjakan APBD untuk hal-hal yang bersifat produktif.

Pudjirustaty mengungkapkan bahwa adanya lonjakan COVID-19 yang memaksa pemerintah melakukan peningkatan upaya penanganan dan percepatan vaksinasi di kabupaten setempat. Upaya tersebut diharapkan bisa mendorong percepatan belanja, khususnya belanja sektor kesehatan dan perlindungan sosial.

Rakordal yang dilaksanakan pemerintah setempat, kata Pudjirustaty, merupakan forum untuk meningkatkan koordinasi dan perbaikan perencanaan dalam pembangunan tahap selanjutnya dan sebagai upaya meningkatan kinerja di setiap OPD. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)