Kepala Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebangau Kuala, Mulyo Adi Sutrisno. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РKepala Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau Mulyo Adi Sutrisno (12/72021) mengatakan inovasi pelayanan kepada masyarakat dilakukan pemerintah desa setempat melalui aplikasi Pahari Mobile. Aplikasi ini sebuah digitalisasi inovasi pelayanan admistrasi pemerintah desa yang  berbasis teknologi informasi secara online.

Dikatakan Sutrisno program digitalisasi yang dikembangkan di desanya untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam mengurus pelayanan apapun. Masyarakat tinggal daftar secara online untuk mendapatkan pelayanan, seperti pelayanan keperluan untuk surat-menyurat dengan sistem berbasis Android yang bisa langsung bisa diakses oleh operator melalui aplikasi sehingga masyarakat tak perlu datang ke kantor desa dan petugas di desa langsung mengantar palayanan yang diajukan pemohon.

Menurut Sutrisno pengembangan program digitalisai Pahari Mobile ini  adalah untuk mempermudah tata kelola pemerintah desa. Khususnya untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dalam pengurusan surat-menyurat ditengah pandemi COVID-19.

Sutrisno menjelaskan tuntutan pelayanan yang baik dan memuaskan sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pemerintah desa. Salah satu cara adalah melakukan progran digitalisasi sesuai dengan perkembangan zaman untuk mempermudah menjalankan fungsi pemerintah desa, pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, melalui aplikasi ini juga dapat meningkatkan aktivitas dan produktivitas perekonomian yang secara tidak langsung meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Urusan Perncanaan Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebangau Kuala Aris Setiawan (12/7/2021) menjelaskan dengan adanya aplikasi berbasis online ini, dapat mempermudah masyarakat. Melalui aplikasi ini, pemohon cukup mengunakan nomor induk Kartu Keluarga (KK) dan nomor identitas KTP sebagai user name password untuk masuk ke dalam aplikasi.

Menurut Aris, aplikasi ini memuat profil desa setempat, informasi perencanaan desa, pembangunan desa yang mengunakan anggaran Dana Desa (DD). Aplikasi Pahari Mobile berbasis online membuat penggunaan dana desa menjadi lebih transparan dan akuntabel karena masyarakat bisa mengawasi langsung melalui aplikasi ini. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)