Dinas Perhubungan Pulang Pisau menerima kunjungan Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Agus H Purnomo yang meninjau Pelabuhan Bahaur Kecamatan Kahayan Kuala. (FOTO DINAS PERHUBUNGAN PULANG PISAU)

TRANS HAPAKAT – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulang Pisau John Oktoberiman (28/9/2020) mengatakan dalam rangka peningkatan dan pembenahan transportasi serta pelabuhan laut dan sungai Dinas Perhubungan saat ini lebih konsentrasi  mengajukan berbagai usulan kepada pemerintah pusat.

Menurut Jhon Oktoberiman, dalam peningkatan pelayanan pelabuhan penyeberangan masih diperlukan banyak pembenahan infrastruktur dan fasilitas di dalamnya seperti di Pelabuhan Bahaur Kecamatan Kahayan Kuala, fery penyeberangan di Desa Mintin, serta dermaga Pasar Patanak Kecamatan Kahayan Hilir.

Dikatakan John Oktoberiman dengan anggaran yang ada di Dinas Perhubungan yang relatif kecil, pihaknya melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian terkait untuk mencapai arah pembenahan dan peningkatan pelayanan tersebut. Diantaranya pendalaman alur sungai kahayan menuju pelabuhan Bahaur, perbaikan sarana lampu penerangan, serta sarana pendukung lainnya karena  untuk penyediaan infrastruktur, sarana dan prasarana dalam transportasi laut  membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Peningkatan sarana dan prasarana tranportasi laut, papar dia, memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktifitas perekonomian, sosial, dan budaya.

Dalam kunjungan Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Agus H Purnomo (27/9/2020) di Kabupaten Pulang Pisau, Dinas Perhubungan setempat telah  menyampaikan kebutuhan pembangunan sarana dan prasarana dalam bidang transportasi laut yang menjadi kesatuan dalam pembangunan nasional.

Dijelaskannya, dalam pertemuan itu Dinas Perhubungan setempat diminta untuk segera mengajukan usulan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan. Realisasi dari usulan ini diharapkan menjadi bagian penggerak pertumbuhan ekonomi di daerah, serta dapat mendukung daya saing ekonomi secara nasional.

Ditambahkan John Oktoberiman dukungan sarana dan prasaran yang diusulkan ke pemerintah pusat itu diharapkan bisa terealisai dengan harapan nantinya bukan hanya kapal roro saja yang dapat sandar di pelabuhan Bahaur, melainkan kapal-kapal berukuran besar bisa juga sandar di pelabuhan tersebut. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)