Sosialisasi Dinas PUPR Pulang Pisau terkait proyek normalisasi saluran primer Handel Malang II. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Pulang Pisau Usis I Sangkai melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Punung (3/11/2022) mengatakan sosialisasi dilakukan kepada masyarakat yang terkena proyek normalisasi saluran primer Handel Malang II di Kecamatan Kahayan Hilir sepanjang tiga kilometer.

Dikatakan Punung bahwa tujuan sosialisasi tidak lain untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar proyek, tokoh masyarakat, kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta dukungan dari camat setempat, sehingga pada pelaksanaan kegiatan ini di lapangan berjalan baik dan lancar, tanpa ada kegaduhan di masyarakat sekitar lokasi proyek tersebut.  Kesepamaham bersama sejumlah masyarakat tentu membuat pelaksanaan bisa selesai 100 persen dan memberikan nilai manfaat.

Punung mengatakan atas nama pemerintah setempat melalui Dinas PUPR, pada intinya proyek normalisasi saluran primer ini memiliki niat yang baik dan positif, serta memberikan informasi kepada masyarakat dan publik sehingga jangan sampai terjadi simpang siur.

Adapun beberapa hal penting yang berhubungan dengan kegiatan sosialisasi, mengingat lokasi proyek tersebut berada di dua desa yakni Desa Mantaren I dan Desa Anjir Pulang Pisau Sosialisai ini sebagai acuan sebelum pelaksanaan kegiatan serta memberikan informasi dan meminta dukungan kepada seluruh masyarakat yang berada di sepanjang saluran primer bahwa dalam waktu dekat  kegiatan proyek tersebut akan dilaksanakan.

Camat Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau Osa Maliki memberikan aprasiasi kepada Dinas PUPR yang telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat sepanjang saluran primer. Pada prinsipnya sebagai kepala pemerintah kecamatan setempat selalu mendukung apa yang dilakukan pemerintah terhadap warganya.

Berkaitan hal tersebut dirinya berharap kepada pihak pemenang tender atau kontraktor bisa memperhatikan beberapa aspek penting yakni aspek sosial, ekonomi, kemausiaan, bagi warga masyarakat yang tinggal di sepanjang saluran primer tersebut, agar kegiatan yang dilaksanakan  mendapat dukungan dan suport dari berbagai pihak selama proses pengerjaan.

Setiap pelaksanaan pengerjaan proyek ini tentu ada proses-prosesnya yang mempengaruhi kondisi kegiatan masyarakat. Namun dengan menjalin komunikasi dan sinergi bersama pihak terkait tentu membawa manfaat bagi semua pihak, baik bagi masyarakat sendiri maupun kontraktor pelaksana.

Nurhadi perwakilan dari pihak kontraktor menyampaikan rasa simpati dan terimaksih kepada semua pihak yang telah memberikan waktu dan memfasilitasi pertemuan sehingga sosialisasi dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta menghasilkan kesepakatan bersama antara pihak Dinas PUPR, masyarakat, dan pihaknya sebagai pelaksana pengerjaan proyek tersebut.

Dikatakan Nurhadi, hasil pertemuan dalam rangka sosialisasi terkait pelaksanaan pengerjaan rehab saluran primer, selanjutnya disampaikan kepada pimpinan perusahaan. Apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama, pihak kontraktor siap membantu masyarakat sebagai bentuk  komitmen tidak hanya mengejar profit atau keuntungan semata, akan tetapi nilai-nilai sosial juga bisa diwujudkan. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)