Kegiatan penyuluhan masyarakat yang dilaksanakan Dinas Sosial Provinsi Kalteng dan Kabupaten Pulang Pisau. (FOTO PUTRA/ TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Budi Santoso (22/09/2020) ┬ámengatakan penyebarluasan informasi mengenai bantuan sosial selama pandemi COVID-19 dilakukan Dinas Sosial dalam penyuluhan sosial masyarakat kepada pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Tagana dan Karang Taruna.

Dikatakan Budi Santoso, kegiatan penyuluhan untuk mensosialisasikan atau memberitahukan informasi tentang berbagai program bantuan sosial apa yang ada pada Kementrian Sosial, terutama program yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Budi Santoso mengungkapkan ada program bantuan sosial khusus dari Provinsi Kalimantan Tengah yang siap disalurkan. Bantuan sosial tersebut diperuntukan kepada lansia, anak terlantar, lansia terlantar, dan disabilitas dengan nilai bantuan sebesar Rp500 Ribu selama tiga bulan. Bantuan sosial ini rencananya mulai direalisasikan dari bulan september ini, dengan ketentuan penerima bantuan tersebut belum mendapatkan bantuan sebelumnya dan tidak ada data yang tumpang tindih.

Selain itu, Budi Santoso menjelaskan ada program bantuan sosial lainnya yakni bantuan sosial untuk fakir miskin dan bansos khusus yang telah memasuki tahap ke kedua dengan jumlah penerima bantuan mencapai 112 ribu Kepala keluarga (KK) se-Kalimantan Tengah yang telah tervalidasi data melalui Dinas Sosial masing-masing kabupaten/kota. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian dari Gubernur Kalimatan Tengah Sugianto Sabran kepada masyarakat kurang mampu.

Budi Santoso berharap jika ada permasalahan penyaluran dan hal lain terkait bantuan sosial tersebut agar dapat menghubungi potensi sumber yang telah disusun dalam sosialisasi dan penyuluhan seperti Karang Taruna, pendamping PKH, TKSK dan Tagana  karena mereka inilah yang mengetahui cara untuk mengatasi masalah. Ia juga berharap semoga program bantuan sosial yang telah dan akan disalurkan dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau, Mahdalene dalam kegiatan juga memberikan paparan terkait berbagai program bantuan sosial dari Kementerian Sosial, pemerintah Provinsi Kalteng, dan Kabupaten Pulang Pisau yang telah disalurkan bagi mayarakat yang terdampak selama pandemi COVID-19. (Penulis: AQSHANUL PUTRA/ Editor: DUDENK)