HAPAKAT – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Trisari III, Desa Mantaren II Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau menjadi tempat pelaksanaan pencanangan Imunisasi Measles dan Rumbella. ┬áKegiatan ini dilaksanakan untuk mengakampanyekan imunisasi dan memutus penularan penyakit Measles dan Rumbella di Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (7/8/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budiharjo mengatakan pencanangan kampanye imunisasi Measles dan Rumbella akan dilaksanakan secara bertahap di Kabupaten Pulang Pisau.
Lanjutnya, pelaksanaan imunisasi Measles dan Rumbella ini akan dilakukan secara bertahap selama bulan Agustus 2018 di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Imunisasi ini sangat penting karena penyakit Measles dan Rumbella ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mudah menular.

Mulyanto tidak menampik, jika di Kabupaten Pulang Pisau sudah ditemukan penderita campak dan rumbella. Namun pihaknya tidak bisa menyebutkan identitas secara detail penderita tersebut. Salah satu penderita mengalami kebocoran jantung.

Dikatakan Mulyanto dampak dari penyakit measles dan rumbella itu sangat mengerikan, seperti cacat fisik, kanker dan jantung bocor yang bisa dialami bayi dari lahir, penyakit tersebut akibat dari penderita measles dan rumbella.
Mulyanto berharap melalui imunisasi Measles dan Rumbella tersebut bisa memutus mata rantai penyebaran measles dan rumbella, sehingga anak-anak dan ibu hamil pada tahun 2020 bisa terbebas dari virus itu. Untuk sasaran imunisasi Rubella mulai anak usia 9 bukan sampai 15 tahun. (HPK-05AYU)