Site icon www.transhapakat.web.id

Dishub Berencana Usulkan Pembuatan Jembatan Timbang

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulang Pisau John Oktoberiman

HAPAKAT – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulang Pisau John Oktoberiman menginginkan, untuk mendukung peningkatan Pemasukan Asli Daerah (PAD), Dinas Perhubungan Pulang Pisau berencana akan membuat usulan pembuatan Jembatan Timbang.

Menurutnya, dengan semakin banyaknya perusahaan yang berdiri di Kabupaten Pulang Pisau, tentu saja membuat roda ekonomi semakin pesat. Meski begitu, kehadiran perusahaan-perusahaan tersebut ternyata berimbas juga pada naiknya jumlah angkutan darat yang di khawatirkan hanya merusak badan jalan.

Masih menurut John, agar kita mendapat kompensasi dari angkutan truk milik perusahaan, solusinya kita memang harus punya jembatan timbang. Jembatan yang berfungsi untuk memungut retribusi dari angkutan yang hilir mudik tersebut.

John mencontohkan, seperti daerah lain, kehadiran jembatan timbang bisa menjadi pemasukan daerah yang signifikan.  Untuk penarikan retribusi dari jembatan timbang nanti juga akan dikembalikan untuk pembangunan atau perawatan jalan.

Dengan kondisi saat ini , sudah sewajarnya Pulang Pisau memiliki jembatan timbang, mengingat jumlah angkutan yang beroperasi di bumi handep hapakat ini semakin membludak. Dirinya pun mengaku tengah mulai menyusun usulan terkait  jembatan timbang tersebut.

Diakuinya, hal ini tidak bisa buru-buru, harus perlu kajian dan anggaran yang besar. Kehadiran jembatan timbang nantinya akan tenaga kerja baru, belum lagi penentuan lokasi dan pembebasan lahannya. Semua harus matang Kedepan, kita berharap agar rencana ini bisa berjalan dengan lancar sehingga menjadi solusi alternatif untuk menyiasati maraknya angkutan darat yang kian banyak (HPK-03Deed/02)

Exit mobile version