Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Arif Rahman Hakim. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РAnggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten  Pulang Pisau Arif Rahman Hakim (7/10/2021) mengungkapkan banyaknya lahan tidur yang tersebar di delapan kecamatan di wilayah Pulang Pisau harusnya bisa kelola dengan baik sehingga punya nilai manfaat bagi masyarakat.

Dikatakan Hakim, para camat dan kepala desa diminta  bisa mempromosikan potensi usaha yang ada di wilayahnya masing-masing sekaligus untuk menarik pengusaha dari luar daerah agar tertarik berinvestasi. Investor yang disini adalah pihak ketiga yang memiliki kemampuan, baik secara finansial maupun keilmuan untuk mengelola lahan tidur menjadi produktif.

Menurutnya, lahan tidur tersebut bisa saja dimanfaatkan untuk bidang perkebunan, industry, bahkan sektor usaha kreatif lainnya. Namun, semua itu harus tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal serta aturan daerah yang ada.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengungkapkan banyak lahan yang ada tidak termanfaatkan dengan baik. Bahkan, banyak yang hanya ditumbuhi semak belukar hingga jadi langganan kebakaran saat musim kemarau. Jika para camat dan kepala desa intens mempromosikan wilayah, tidak menutup kemungkinan banyak investor akan tertarik melakukan investasi di kabupaten setempat.

Lanjut dikatakan Hakim, investasi yang masuk tentu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, kondisi wilayah dan sebagainya. Harus ada usaha untuk menarik masuknya investor sehingga para camat dan kepala desa selalu giat mempromosikan potensi yang ada di wilayahnya. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)