Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ahmad Fadli Rahman. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Ahmad Fadli Rahman (6/6/2024) mendukung penuh langkah pemerintah setempat dalam penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, dan inflasi yang menjadi program prioritas pemerintah daerah setempat dan menjadi isu nasional.

Menurutnya, penguatan penanganan ketiga isu tersebut harus menjadi program prioritas pemerintah setempat dan memastikan program yang telah disusun harus dimaksimalkan sesuai target yang telah di tentukan.

Dikatakan Fadli Rahman, seperti penanganan  kemiskinan ekstrem merupakan kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, seperti, makanan, air bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan dan akses informasi lainnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, pihaknya mendukung penuh terhadap upaya pemerintah dalam hal mengatasi kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi dan penanganan stunting di kabupaten setempat.

Menurutnya penanganan ketiga program tersebut  tidak hanya unsur perangkat pemerintah daerah yang bergerak, namun seluruh pemangku kepentingan dan elemen  masyarakat harus bersama-sama bisa melaksanakan berbagai program yang berkontribusi mengatasi persoalan yang menjadi isu secara nasional ini.

Selaian kemiskinan ekstrem, ungkap dia, tentunya masalah stunting juga harus mendapat perhatian yang serius dari pemerintah setempat. Terpenting adalah bagaimana ikhtiar bersama agar stunting dapat ditekan atau di turunkan. Tetap mengotimalkan pelayanan melalui Posyandu dan melakukan penanganan dari hulu ke hilir.

Dirinya menjelaskan, untuk diketahui bahwa program pemerintah setempat harus disandingkan dengan program nasional dan hukumnya wajib untuk dilaksanakan sehingga indikator kemiskinan ektrem dapat di tangani atau diatasi dengan baik berdasarkan informasi terhadap pendapatan dan perlindungan  sosial sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat.

Dirinya  berharap, upaya bersama dalam percepatan penanganan kemiskinan ekstrem, stunting dan pengendalian inflasi dapat tercapai sesuai harapan kita bersama. Masyarakat di kabupaten setempat harus bangkit kembali dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan yang mendorong sendi-sendi perekonomian. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)