Wakil Ketua i DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ahmad Fadli Rahman. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang juga ┬áselaku Ketua Badan Penganggaran (Banggar) Ahmad Fadli Rahman (10/10/2021) bersama Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Bilattra) di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Dikatakan Fadli Rahman, kunjungan ke Bilattra tersebut dalam rangka pengembangan di sektor pertanian, khususnya tanaman holtikultura yang nantinya akan dikembangkan di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir dan Jabiren Raya.

Menurut Fadli Rahman, pengembangan holtikultura salah satu sub sektor pertanian yang sangat potensial untuk dikembangkan dan didorong meningkatkan kesejahteraan petani, ekonomi daerah dikarenakan mempunyai nilai ekspor.

Fadli Rahman menjelaskan pengembangan hortikiltura berorientasi ekspor, pengembangan kawasan hortikultura dengan pengembangan sentra produk komoditi unggulan yang melibatkan kemitraan antara para petani dan dunia usaha. Dengan demikian pengembangan hortikultura bisa meningkatkan perekonomian daerah.

Lanjut kata Fadli Rahman, dua kecamatan yakni Kecamatan Kahayan Hilir dan Jabiren Raya sangat cocok untuk pengembangan hortikultura dengan komoditi seperti pisang, sayuran, beras merah, dan buah-buahan lainnya yang mempunyai nilai ekspor yang cukup tinggi.

Sedangkan, kata dia,  di masa pandemi COVID-19, nilai ekspor terbesar adalah dari sektor buah-buahan. Dorongan pengembangan hortikultura di dua kecamatan masuk dalam lokasi program ketahanan pangan nasional food estate. Dengan bentuk kerjasama antara pemerintah daerah dengan melakukan pendampingan dan penelitian kawasan, pengembangan kawasan hortikultura akan terwujud.

Menurut Fadli Rahman, sekarang ini sektor pertanian holtikurtura sudah berjalan dengan baik, tetapi dengan menjalin kerjasama dengan Billatra Banjarbaru, baik dari penelitian dan pendampingan serta optimalisasi produksi diharapkan bisa meningkatkan hasil produksi pertanian. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)