Wagub Kalteng Edy Prawoto membuka Expo UMKM dalam Pesparawi XVII Kalteng di Pulang Pisau. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo (29/6/2024) mengapresiasi terselenggaranya expo atau pameran untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari perwakilan setiap daerah dalam meramaikan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke XVII Kalteng 2024.

Edy Pratowo mengatakan, bahwa Expo UMKM ini bisa dijadikan sebagai pendorong serta memberikan ruang para pelaku usaha untuk terus berkembang. Upaya tersebut menjadi komitmen dari pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng agar semnua daerah bisa lebih meningkatkan produktivitas UMKM dalam pengembangan usahanya.

Dijelaskannya, selain Expo UMKM Pemprov Kalteng memberikan ruang alternatif bagi pelaku usaha yaitu adanya Jambore UMKM yang selalu dilaksanakan bergiliran dan memberimemberikan bantuan-bantuan permodalan. Semua dilakukan untuk memudahkan bagi pelaku UMKM sehingga usaha yang digelutinya seperti kerajinan tangan maupun produk lokal lainnya bisa berkembang lebih baik.

Menurut Edy Prawoto, segala aktivitas berkembangnya UMKM seperti ini harus terus dilakukan dikarenakan  semasa Pandemi Covid 19 tidak sedikit para pelaku usaha terhenti untuk menjual produk-produk karena situasi yang tidak memungkinkan. Melalui berbagai kegiatan Expo UMKM bisa kembali hadir sehingga memberikan nilai manfaat untuk pelaku UMKM dan menambah pendapatannya kembali.

Dirinya menambahkan, dalam pelaksanaan Pesparawi VXII Kalteng tentunya bisa sekaligus dijadikan momentum untuk mempererat persaudaraan dan silaturahmi antar seluruh peserta yang hadir dari 13 kabupaten 1 kota. Selain itu bisa sebagai bisa dijadikan lawan tanding untuk meraih prestasi yang terbaik serta semangat satu dengan yang lainnya.

Penjabat Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani mengatakan, Expo UMKM ini merupakan kegiatan dari rangkaian Peparawi ke XVII Kalteng. Sejumlah daerah diberikan tempat untuk memamerkan produk lokal masing-masing daerahnya.

Dirinya memaknai, melalui sebuah pameran seperti ini juga sekaligus sebagai momen kita bersama dalam menjalin silaturahmi. Menumbuhkan kembali rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, dan juga bentuk komitmen bersama membangun kemajuan Provinsi Kalimantan Tengah yang lebih berkembang khususnya bidang usaha.

Nunu Andriani juga berharap, kemajuan UMKM yang ada di Kabupaten Pulang Pisau bisa semakin berkembang dan mampu bersaing ke pasar luas dalam menyajikan produk lokal juga menambah perekonomian masyarakat yang mandiri. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)