Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani saat membuka festival seni qasidah ke VIII yang diselenggarakan di Lapangan Handep Hapakat. (FOTO: DISKOMINFOSTANDI KABUPATEN PULANG PISAU).

TRANS HAPAKAT- Penjabat  Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Nunu Andriani (25/6/2024) mengungkapkan terselenggaranya festival seni qasidah ke VIII tingkat Kabupaten Pulang Pisau tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya kabupaten setempat  diharapkan mampu untuk membentuk karakter generasi muda berakhlak mulia.

Nunu Andriani menjelaskan, qasidah sebagai salah satu bentuk kesenian bernuansa Islami yang harus terus dikembangkan dan dipertahankan. Kehadiran seni musik ini mampu membendung pengaruh budaya yang tidak sesuai dengan tuntunan agama sehingga melalui festival itulah bisa dijadikan alternatif cara penguat kembali akhlak atau budi pekerti generasi saat ini.

Lanjut dijelaskan Nunu Andriani, usai dikukuhkannya pengurus DPD LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Pulang Pisau diharapkan festival ini bisa terus dilaksanakan disetiap tahunnya. Perlombaan seperti ini diyakini mampu meningkatkan motivasi pelaku seni qasidah yang ada di kabupaten setempat.

Nunu Andrian berharap, melalui festival ini bisa menghasilkan peserta terbaik nantinya mampu bersaing untuk mengikuti festival seni qasidah di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Ketua DPD LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Pulang Pisau Deni Widanarni mengatakan, adanya festival ini sebagai ajang persiapan serta menjaring penyanyi Islami berbakat yang nantinya bisa mengikuti festival tingkat provinsi pada Agustus mendatang di Palangka Raya.

Deni Widanarni menjelaskan, ada beberapa kategori lomba yang bakal diikuti. Seperti pencarian bintang vokalis gambus dan religi tidak terkecuali rebana, untuk putra dan putri tingkat anak-anak, remaja, dan juga dewasa putra.

Dirinya berharap, festival seni qasidah ke VIII tingkat Kabupaten Pulang Pisau tahun 2024 ini bisa menggali bakat generasi muda. Dari sinilah mereka nantinya bisa mengikuti pertandingan dikancah yang lebih tinggi, sehingga mampu mengharumkan nama baik Kabupaten Pulang Pisau. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)