(FOTO ILUSTRASI)

TRANS HAPAKAT – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo (26/6/2020) mengatakan dalam kurun waktu lima hari terakhir, grafik angka kasus COVID-19 mulai melandai atau trend menurun.

Melandainya grafik kasus COVID-19 ini, terang Muliyanto, diharapkan menjadi pertanda yang baik. Namun masyarakat tetap diminta untuk selalu waspada dan melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tercatat mulai tanggal 22 Juni 2020 hanya ada satu kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berasal dari asal Desa Petuk Liti Kecamatan Kahayan Tengah. Penambahan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) nihil.

Pada 23 Juni 2020 tidak ada peningkatan jumlah ODP dan OTG yang menunjukan nol kasus.  Penambahan satu kasus PDP berasal dari Desa Tanjung Sangalang Kecamatan Kahayan Tengah dengan  satu kasus OTG dinyatakan selesai pemantauan.

Pada 24 Juni 2020 kembali kasus ODP, OTG, PDP, dan positif COVID-19 dilaporkan nol kasus. Demikian  juga pada tanggal 25 Juni 2020 dilaporkan seluruh kasus COVID-19 nihil dan hingga Jumat 26 Juni 2020 tercatat nol kasus.

Dikatakan Muliyanto, data keseluruhan sampai tanggal 26 Juni 2020 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Pulag Pisau masih tetap sebanyak 18 orang. Satu orang meninggal dan 10 orang pasien positif masih menjalani perawatan. Senamyak tujuh orang di rawat di RSUD Pulang Pisau  dan tiga orang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. (Penulis: MUHAMMAD FIKRI/ Editor: DUDENK)