HAPAKAT – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengatakan dirinya akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp10 Miliar untuk peningkatan infratruktur jalan kepada ┬ádaerah-daerah yang menjadi sentral pertanian.

Jangan sampai daerah-daerah yang merupakan sentral pertanian mengalami kerusakan infrastruktur yang mempersulit keluarnya hasil-hasil pertanian. Ia mejelaskan contohnya kendaraan yang digunakan untuk mengangkut hasil panen rusak disebabkan kondisi jalan yang tidak memadai hal tersebut akan berdampak pada pemasaran hasil pertanian.

Sugianto mengatakan bahwa APBD di Kalimantan Tengah seharusnya berada diangka Rp7 sampai Rp10 Triliun untuk bisa mengakomodir dan menfasilitasi sektor pertanian. Dari besaran APBD tersebut baru bisa mengolah dan memaksimalkan sarana, prasarana, infrastruktur, sampai pelabulan laut dan sungai yang ada di Kalimantan Tengah.

Sugianto menyampaikan, penanaman padi organik di Kalimantan Tengah yang merupakan perintah Presiden RI melalui Menteri Pertanian. Dikatakan Sugianto, dirinya selaku Gubernur Kalimantan Tengah telah menyiapkan lahan untuk ditanami padi organik tersebut agar hasilnya nanti dapat meningkatkan APBD dari sektor pertanian. (HPK-05AYU/@DENK)