Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau, Deni Widanarni menyerahkan baju kaos kepada pedagang untuk mengingatkan masyarakat memutus penyebaran COVID-19. (FOTO PUTRA/ TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau Deni Widanarni mengucapkan terimakasih kepada seluruh pedagang dan pembeli yang ada di pasar mingguan Desa Pamarunan Kecamatan Kahayan Tengah  karena sebagian besar telah menerapkan protokol kesehatan saat berkunjung ke pasar, Selasa (16/06/2020).

Dirinya juga mengatakan walaupun pasar mingguan ini tergolong pasar yang kecil, tetapi jangan anggap remeh atau bukan berarti pasar tidak menimbulkan resiko. Semua pasar sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dinilai cukup rentan terhadap penyebaran COVID-19.

Selain memberikan edukasi pencegahan penyebaran COVID-19, terang Deni Widanarni, tim gugus tugas juga membagikan masker dan baju kaos kampanye untuk terus mengingatkan masyarakat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang didalamnya terdapat slogan.

Deni Widanarni juga menghimbau kepada seluruh pengunjung pasar, selepas pulang dari pasar untuk segera mencuci tangan, dan lebih baiknya mengganti baju dan mandi. Menjaga pola hidup sehat dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran menjadi salah satu bagian pencegahan dan memperkuat imunitas tubuh.

Camat Kahayan Tengah I Ktut Nitra yang ikut dalam dalam sosialisasi di pasar mingguan di Desa Pamarunan mengatakan para pedagang kebanyakan berasal dari Kota Palangkaraya. Sebagian pedagang ikan dan sayur berasal dari pedagang lokal  dari Kecamatan Kahayan Tengah.

Selama pandemi ini, terang Ktut Nitra, pihak kecamatan juga sudah mengingatkan masyarakat agar bisa menanam sayur-sayuranan sendiri untuk antisipasi jika terjadi kenaikan bahan makanan. Sedangkan untuk ketersediaan sembako masih tercukupi. Hanya gula pasir yang saat ini mengalami kenaikan tetapi harga masih bisa terjangkau oleh masyarakat.

Kepala Diskominfostandi yang juga selaku Juru Bicara Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan  COVID-19, Moh Insyafi mengingatkan bahwa angka COVID-19 di kabupaten setempat masih mengalami peningkatan. Dirinya meminta ada kerjasama dan kesadaran dari semua lapisan masyarakat dengan mengikuti segala anjuran dan menjalankan protokol kesehatan untuk menekan angka penyebaran ini khususnya Kahayan Tengah agar terbebas dari COVID-19. (AQSHANUL PUTRA/ DENK)