Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan. (FOTO WIDODO/ TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РBupati Pulang Pisau Edy Protowo mengatakan bahwa  jagung dan kedelai merupakan dua komoditas andalan yang bisa dikembangkan Pulang Pisau, selain padi dan tanaman pertanian lainnya.

Dikatakan Edy Pratowo usai mengikuti Rakernas secara virtual dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan pertanian dan perubahan program kenerja dalam memperkuat peran sektor pertanian dalam menopang pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 belum lama ini, dirinya mengungkapkan bidang pertanian merupakan produk andalan strategis untuk mendukung pangan nasional.

Komoditas pangan seperti jagung, kedelai, bawang dan tebu saat ini masih menjadi komoditas impor yang lumayan besar di Tahun 2020. Dengan kondisi yang ada sekarang, Kabupaten Pulang Pisau mempunyai peluang besar dalam pengembangan komoditas jagung dan kedelai, selain tanaman padi.

Lanjut kata Edy pengembangan tanaman jagung dan kedelai di kabupaten setempat cukul potensial, mengingat luasnya lahan pertanian baik yang di miliki masyarakat perkebunan, kehutanan, maupun lahan adat.

Dengan memanfaatkan lahan-lahan kering dan lahan marginal yang masih kosong dan tersebar di seluruh wilayah kecamatan, pengembangan tanaman tersebut tentu sejalan dengan program ketahanan pangan sebagai penopang program strategis pangan nasiaonal yakni food estate yang terus berjalan. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)