Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau Deni Widanarni memberikan baju kaos kepada salah satu pedagang di pasar mingguan Desa Buntoi Kecamatan Kahayan Hilir. (FOTO GUGUS TUGAS COVID-19 PULANG PISAU)

TRANS HAPAKAT – Camat Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau Sugondo (10/6/2020) mengatakan pengecualian pembukaan pasar mingguan di Kecamatan Kahayan Hilir ini hanya diberlakukan di Desa Mintin dan Desa Buntoi. Beroperasinya pasar mingguan ini demi memberikan suplai kebutuhan pokok bagi masyarakat di desa setempat.

Menurut Sugondo pengelola pasar mingguan di dua desa tersebut diminta untuk tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Pihak kecamatan dan desa juga sudah melakukan sosialisasi dan membagikan masker kepada masyarakat, dan diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dengan kesehatan diri sendiri dan sekitar dengan menjaga kesehatan dan asupan makanan yang bergizi.

Bersama Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau, terang Sugondo, juga telah memberikan sosialisasi kepada pedagang dan pembeli, pemasangan sticker pemberitahuan terkait penyebaran COVID-19, serta pembagian masker dan kaos kepada masyarakat.

Untuk mengurangi terjadi kerumunan warga di pasar mingguan Desa Buntoi, terang Sugodo, pihak kecamatan telah meminta pemerintah desa dan pengelola pasar setempat untuk membagi waktu buka pasar menjadi dua kali.

Pasar yang biasanya buka setiap hari rabu pagi, dibagi menjadi dua kali buka. Yaitu pada hari Selasa mulai Pukul 13.00 sampai dengan Pukul 17.00. Pada hari Rabu mulai Pukul 06.00 sampai dengan tengah hari.

Dikatakan Sugondo, pembagian waktu itu hasilnya cukup efektif. Seperti yang terlihat saat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 ke pasar mingguan Desa Buntoi pada Rabu pagi, kerumunan warga di pasar berkurang. Pengambilan strategi tersebut dilakukan mengingat sebagian warga Desa Buntoi dan sekitarnya pada pagi hari pergi melakukan aktivitas menyadap karet di kebun. Warga yang menyadap karet bisa belanja ke pasar pada Selasa sebelumnya, sedangkan warga yang di rumah bisa belanja ke pasar pada Rabu pagi di saat sebagian besar warga lainnya pergi ke kebun karet. (GND/RLS/ DENK)