Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau, Ahmad Rifa`i. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau Ahmad Rifa`i mengingatkan agar bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari APBD kabupaten setempat segera direalisasikan dan cepat disalurkan dengan baik kepada masyarakat yang benar-benar berhak menerimanya dan tepat sasaran.

Proses pendataan bantuan sosial perlu kehati-hatian dalam menetapkan data penerima, terang dia, agar tidak menjadi konflik sosial didalam masyarakat.  Artinya, data penerima bantuan sosial jangan sampai ada yang tumpang tindih atau ada masyarakat yang  menerima bantuan ganda, sedangkan masih ada warga yang berhak tetapi tidak pernah mendapatkan bantuan.

Penyaluran bantuan sosial, kata Ahmad Rifa`i, baik itu  BST, BLT-DD,  termasuk bantuan sosial dari anggaran  APBD kabupaten diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Dia menyadari, kondisi pandemi saat ini masih berlangsung. Tak hanya berdampak pada perekonomian masyarakat, akibat dari pandemi ini juga berimbas terjadinya reforcussing atau pemangkasan alokasi anggaran APBD yang sebelumnya telah dianggarkan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk juga anggaran yang ada DPRD setempat.

Ditanya soal penyaluran bantuan dari APBD Kabupaten Pulang Pisau yang hingga kini belum jelas, Ahmad Rifai mengatakan, menurut informasi yang dirinya terima bahwa saat ini Dinas Sosial masih dalam proses mengumpulkan data-data penerima bantuan.

Ahmad Rifa’i juga berharap pandemi COVID-19 ini cepat berlalu sehingga sisa anggaran COVID-19 yang tidak digunakan bisa dikembalikan lagi kepada masing-masing OPD, termasuk anggaran di DPRD sehingga program-program dan kinerja di pemerintahan bisa berjalan dengan maksimal. (Penulis: MUHAMMAD FIKRI/ Editor: DUDENK)