Tim kebersihan DLH Kabupaten Pulang Pisau bersama KSOP saat menggelar bersih-bersih sampah di kawasan Pelabuhan Bahaur Sei Tunggul Kecamatan Kahayan Kuala. (FOTO DLH KABUPATEN PULANG PISAU)

TRANS HAPAKAT – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Hendri Arroyo (7/6/2024) mengungkapkan sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH setempat bersama Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cabang Pulang Pisau melakukan aksi bersih-bersih sampah.

Hendri Arroyo menjelaskan, aksi bersih-bersih sampah saat ini difokuskan diarea kawasan Pelabuhan Bahaur Sei Tunggul Kecamatan Kahayan Kuala. Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan kembali masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan apalagi pelabuhan tersebut merupakan akses penghubung aktivitas transportasi laut kabupaten setempat dengan Pelabuhan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Menurut Hendri Arroyo, kerjasama dengan KSOP yang juga dinilai sebagai salah satu mitra pemerintah kabupaten setempat sehingga perlu adanya sinergitas dalam mengatasi permasalah lingkungan khususnya sampah. Melalui partisipasi ini menjadi bentuk penting kita bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Lanjut dijelaskannya, fasilitas publik harus tetap dijaga kebersihannya dan harus ada kesadaran masyarakat juga untuk tidak membuang sampah sembarang apalagi di sungai maupun laut. Dampaknya jika mengabaikan hal itu bisa berbahaya mengancam keberlangsungan ekosistem yang hidup di sungai juga laut akibat tercemar sampah.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, kata Hendri Arroyo, sangat penting sebagai pengingat kita agar lebih peduli dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Pulang Pisau harus selalu memperhatikan kebersihan dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing agar tetap asri, bersih, dan sehat.

Kepala KSOP Cabang Pulang Pisau Arief Prasetyo mengatakan, aksi bersih-bersih sampah di pelabuhan ini merupakan wujud kepedulian menjaga kelestarian lingkungan. Pihaknya juga terus memberikan dukungan adanya kegiatan ini apalagi KSOP juga merupakan mitra pemerintah kabupaten setempat.

Dirinya mengajak, untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau agar tidak membuang sampah sembarang khususnya di area kawasan Pelabuhan Bahaur. Ciptakanlah budaya peduli menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar bisa terhindar dari resiko bencana, seperti banjir maupun terjadinya kerusakan lingkungan lainnya. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)