HAPAKAT – Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) menjadi salah salah satu program di Dinas Ketahanan Pangan tahun ini untuk membantu para petani yang kurang berkecukupan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Hanafi mengungkapkan bahwa Program KRPL itu merupakan program dari pemerintah pusat yang anggarannya bersumber dari APBN. Salah satu tujuannya adalah memanfaatkan lahan perkarangan untuk bisa menghasikan tanaman yang memiliki nilai ekonomis.

Menurut Hanafi, untuk program KRPL ini nantinya tersusun dalam 4 kelompok yang terdiri dari para wanita tani. Masing-masing kelompok mendapat bantuan sebesar Rp50 Juta yang disalurkan melalui rekening kelompok dan bantuan ini selanjutnya dimanfaatkan sesuai dengan aturan dan kegunaannya.

Agar pemanfaatan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, terang Hanafi, Dinas Ketahanan Pangan setempat melakukan pendampingan kepada setiap kelompok serta membantu dalam merencanakan penyusunan sesuai yang dinginkan masing-masing kelompok.

 Bisa saja bantuan itu digunakan untuk pengembangan tanaman sayur mayur, padi, jagung dan lainnya. Hasil tanaman nanti bisa dijual kembali oleh kelompok dan hasil penjualannya ini untuk bisa menambah meningkatkan pendapatan dan ekonomi para anggota kelompok. (HPK-08MAX)