Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo didampingi unsur Forkopimda menyerahkan piala bergilir kepada pemenang. (FOTO PANITIA LOMBA)

TRANS HAPAKAT – Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo (29/4/2021) memberikan apresiasi dan menyerahkan langsung piala dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba foto obyek wisata Kabupaten Pulang Pisau tingkat pelajar SMP/SMA sederajat Tahun 2021 yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerjasama dengan Togga Putra Borneo Event Organizer.

Karya foto pelajar Larasati Dea Hardida dari SMPN-2 Bahaur akhirnya berhasil mendapatkan penilaian tertinggi dan menjadi juara pertama. Juara kedua diraih Dea Utami dari SMAN-1 Pandih Batu. Juara ketiga diraih Wiwin Elly dari SMAN-2 Kahayan Tengah.

Juara harapan pertama jatuh pada karya foto pelajar dari SMAN-3 Maliku bernama Dea. Juara harapan kedua diraih Raudatul Hasanah pelajar dari MAN-1 Pulang Pisau. Juara harapan ketiga diraih Muhammad Fikrianoor pelajar dari MAN-1 Pulang Pisau.

Karya foto yang masuk dalam peringkat sepuluh besar diraih Dian Pranata pelajar SMA Karya Pulang Pisau, Najwa Chalisah Muyyasarah dari MA Hidayatullah Bahaur, Muhammad Rafa dari MAN-1 Pulang Pisau dan Evi Laysa Noftriani dari SMAN-3 Maliku.

Bupati Edy Pratowo mengatakan dirinya memberikan apresiasi positif atas terselengaranya lomba foto dengan tema obyek wisata ini. Melalui lomba ini diharapkan bisa memicu pertumbuhan kreatif kaum milenial yang signifikan untuk menghasilkan kreatifitas ditengah pandemic COVID-19. Lomba yang menghasilkan karya foto yang memiliki nilai ini juga bisa menjadi motivasi bagi kabupaten setempat untuk bergerak dan lebih maju dalam mengembangkan dunia pariwisata.

Edy Pratowo meminta kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini. Pengembangan inovasi dan kereativitas positif lewat berbagai bentuk kegiatan, bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk promosi kekayaan alam dan seni budaya serta pariwisata yang ada di kabupaten setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau Osa Maliki yang juga selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan bahwa lomba foto bertemakan obyek wisata Kabupaten Pulang Pisau ini baru kali pertama digelar dan direncanakan menjadi kegiatan tahunan.

Osa mengajak kalangan milenial untuk ikut berperan aktif dalam mengambangkan dan mempromosikan obyek wisata yang ada di kabupaten setempat. Selain itu, menjadi wadah kaum milenial dalam mengaktualisaikan bakat yang di miliki dalam bidang fotografi.

Lanjut dikatakan Osa, kegiatan ini juga bentuk upaya dalam mempromosikan obyek wisata dan khasanah budaya yang ada di daerah setempat, sehingga dengan digelarnya lomba ini dapat  mendorong, meningkatkan, serta menarik minat wisatawan lokal maupun wisatawan manca Negara untuk berkunjung ke kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

Pemenang lomba foto tahun ini, Larasati Dea Hardida pelajar SMPN-2 Bahaur mengucapkan syukur dan ucapan terimakasih kepada Bupati Pulang Pisau dan seluruh panitia penyelengara, serta dewan juri atas terpilih dirinya menjadi pemenang  dalam lomba foto.

Larasati ini mengaku dirinya mengambil obyek foto pantai Cemantan dengan tujuan ingin mengeksplore keindahan dan panorama pantai tersebut, dimana sebagian masyarakat belum banyak mengetahui pantai tersebut. Selain itu membuktikan kepada masyarakat luas bahwa pantai Cemantan sangat menarik dan layak untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)