Kepala Desa Anjir Pulang Pisau, Budung bersama tim Posko PPKM menyerahkan bantuan paket kebutuhan pokok kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РKepala Desa Anjir Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau Budung (6/4/2021) mengatakan pemerintah desa (Pemdes) setempat membagikan paket sembako sebagai bentuk  tangggung jawab dan keperdulian terhadap warga yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

Kegiatan ini, kata dia, dilakukan sesuai dengan mekanisme penanganan di tingkat desa dengan melakukan koordinasi penanganan dan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dengan menjalankan fungsi pencagahan dan penanganan Covid-19.

Dikatakan Budung dalam menjalankan fungsi pencagahan bahwa pemerintah desa setempat bersama seluruh elemen masyarakat. Antara lain, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, tokoh adat, tokoh masyarakat dan Karang Taruna telah melakukan himbauan, edukasi secara rutin tentang protokol kesehatan kepada warga. Selain itu pemerintah desa telah membagikan masker sebanyak 6.500 kepada masyarakat agar tetap taat menjalankan protokol kesehatan.

Penanganan yang dilakukan pemerintah desa saat ini, terang Budung adalah dengan memberikan bantuan sosial berupa  paket sembako kepada sebanyak 15 kepala keluarga (KK) yang sedang menjalani isolasi mandiri yang tersebar di beberapa rukun tetangga (RT).

Menurut Budung, bantuan sosial tersebut bersumber pada anggaran Dana Desa (DD) yang diberikan sebesar delapan persen dalam penanganan Covid-19. Adapun bantuan paket sembako yang diberikan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri berupa beras, mie instan, minyak goreng, telor, dan perlengkapan kebutuhan pokok lainnya.

Meskipun bantuan paket sembako dari pemerintah desa tersebut tidak banyak, namun kata Budung, diharapkan dapat membantu, dan dapat meringankan beban kebutuhan warganya selama menjalani isolasi mandiri. Bagi warga yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri diminta agar tetap sabar dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

Ditambahkan Budung menghimbau kepada warga masyatakat di desa setempat agar mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 5M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas sehingga penyebaran Covid -19 dapat ditekan. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)