Kesepakatan antara Pemkab dan DPRD Kabupaten Pulang Pisau. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT –  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Ahmad Rifa’i (31/5/2023) mengungkapkan dalam rapat paripurna masa persidangan II Tahun sidang 2024 telah menghasilkan tiga agenda kesepakatan bersama.

Dari tiga kesepakatan bersama yakni kesepakatan  Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan tahun anggaran 2024. Pembentukan Pansus LHP BPK – RI, dan pidato pengantar Raperda LKPD tahun 2023.

Dikatakan Ahmad Rifa’i, rapat ini merupakan hasil dari finalisasi Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan OPD di lingkungan Pemkab  terkait Perubahan APBD Tahun Anggaran 2024.

Selanjutnya rekomendasi DPRD setempat,  terkait pokok-pokok pikiran yang diakomodir pada beberapa OPD menjadi kesepakatan bersama yang tidak terpisahkan dengan kesepakatan KUA dan PPAS yang disetujui bersama.

Lanjut dikatakannya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah diminta untuk melakukan harmonisasi, penyesuaian dan penyelarasan sebagaimana perlunya pada anggaran belanja daerah khususnya pada anggaran belanja.

Dirinya  juga menyampaikan, dengan mengacu pada penyusunan kebijakan dimaksud diharapkan bahwa segala sumber daya dan kemampuan keuangan yang ada diarahkan secara efektif dan efisien, agar pencapaian sasaran kinerja program dan kegiatan yang dituangkan dalam perubahan KUA-PPAS lebih berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Menurutnya penandatanganan KUA-PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2024, ini membuktikan bahwa semangat kemitraan, sinergitas antara pemerintah dan DPRD terus dapat terjaga dengan baik.

Rapat Paripurna berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD kabupaten setempat, dipimpin oleh Ketua DPRD Ahmad Rifa’i didampingi Wakil Ketua I Ahmad Fadli Rahman, Wakil Ketua II, Sentot Siswanto, dari eksekutif di wakili Sekertaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta bersama sejumlah pimpinan OPD di Pemkab Pulang Pisau. (Penulis: HERI WIDODO/Editor: DUDENK)