Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani berbincang dengan salah satu pedagang sayur di Pasar Patanak. (FOTO DISKOMINFOSTANDI KABUPATEN PULANG)

TRANS HAPAKAT – Penjabat Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Nunu Andriani (31/5/2024) mengatakan bahwa kunjungan ke Pasar Harian Patanak di Kecamatan Kahayan Hilir sebagai bentuk untuk memastikan ketersediaan stok dan harga-harga komoditas bahan pokok yang ada di pasaran.

Nunu Andriani menjelaskan, pemantauan dilakukan kepada sejumlah komoditas seperti daging ayam, ikan, sayur mayur, dan kebutuhan bahan pokok lainnya. Semua harga masih stabil dan diharapkan tidak terjadi lonjakan kenaikan harga sampai datangnya Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Nunu Andriani meyakini, untuk ketersediaan daging potong seperti sapi tidak kehabisan stok dan selalu tercukupi karena kabupaten setempat menjadi salah satu penyangga hewan ternak dan pemasok daging untuk wilayah Kalimantan Tengah.

Lanjut dikatakan Nunu Andriani, pemerintah setempat juga telah mengantisipasi apabila terjadi kenaikan harga pada komoditas bahan pokok di pasaran yaitu dengan menggelar pasar murah dan pasar penyimbang. Selain itu juga adanya gerakan pangan murah serta pemberian bantuan cadangan pangan untuk masyarakat tidak mampu.

Menurut Nunu Andriani, cara inilah sebagai langkah apabila terjadinya laju inflasi atau kenaikan harga di pasaran. Perlu dilakukan gerakan seperti digelarnya penyeimbang, maupun pasar murah. Selain itu dengan adanya gerakan tersebut sebagai cara untuk meringankan beban masyarakat yang tidak mampu.

Nunu Andriani menambahkan, untuk pemberian bantuan sosial kepada masyarakat tidak mampu pemerintah kabupaten setempat juga memberikan bantuan cadangan pangan baik itu dari dukungan melalui bantuan APBN, dan APBD kabupaten maupun provinsi. (Penulis: ARIEF SUSENO/ Editor: DUDENK)