Penandatanganan nota kesepakatan perubahan RPJMD Pulang Pisau. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS  HAPAKAT РWakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang mengatakan pemerintah setempat  bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) telah menandatangani nota kesepakatan bersama tentang rencana awal perubahan RPJMD Tahun 2018-2023 dalam rapat paripurna DPRD ke VII masa persidangan I yang di gelar di Aula Rapat Gedung DPRD Pulang Pisau, (6/4/2021).

Dalam sambutannya, Pudjirustaty menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dewan yang telah menyetujui rencana awal perubahan RPJMD, serta telah di tandatanganinya nota sepakatan tersebut.

Bahwa rencana awal RPJMD Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2018-2023 merupakan suatu produk dokumen perencanaan pembangunan daerah dari hasil pembahasan bersama.  Sekaligus, sebagai bentuk wujud nyata kemitraan antara pemerintah daerah dengan DPRD setempat.

Menurut Pudjirustaty Narang, RPJMD adalah dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode lima tahun yang memuat visi, misi, dan program pembangunan dari bupati terpilih. RPJMD mempunyai kedudukan yang strategis, yaitu menjembatani antara rencana pembangunan jangka panjang daerah selama 20 tahun dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

Sesuai dengan Pasal 49 ayat (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah. (Penulis: AQSHANUL PUTRA/ Editor: DUDENK)