Petugas Posko PPKM Desa Talio Muara membagikan masker kepada pengunjung dan pedagang pasar memperkuat pencegahan COVID-19. (FOTO PEMERINTAH DESA TALIO MUARA)

TRANS HAPAKAT – Kepala Desa Talio Muara Kecamatan Pandih Batu Marzuki (30/4/2021) mengungkapkan pembagian masker gratis dilakukan oleh petugas Posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah  sebagai salah satu upaya memperkuat antisipasi dan pencegahan COVID-19 di desa setempat.

Selain pembagian masker, kata Marzuki, berbagai langkah lainnya juga dilakukan pemerintah desa untuk  melindungi warga dari penyebaran COVID-19 seperti penyemprotan disinfektan dan menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum.

Menurut Marzuki, berbagai kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memaksimalkan peran dan fungsi Posko PPKM di desa yang dilakukan secara terus-menerus antara pemerintah desa bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, serta seluruh komponen masyarakat dengan melakukan edukasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19..

Pembagian masker gratis kepada masayarakat desa ini, terang Marzuki, lebih difokuskan pengunjung dan pedagang pasar mingguan yang ada di desa, sekaligus memberi himbauan kepada para  pengunjung pasar tantang pentingnya protokol kesehatan selama pandemi. Anggaran untuk pengadaan masker yang diberikan kepada masyarakat ini bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) sebesar delapan persen yang dialokasikan untuk opersional Posko PPKM berbasis mikro dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 di tingkat desa.

Marzuki juga menjelaskan bahwa dalam memerangi penyebaran COVID-19 ini merupakan tanggungjawab bersama dan tidak hanya dilakukan oleh para petugas kesehatan saja. Dirinya berharap dengan adanya berbagai langkah pencegahan yang sudah dilakukan pemerintah Desa Talio Muara Kecamatan Pandih Batu ini, semua komponen yang ada di desa setempat ikut ambil bagian dan berperan aktif dalam upaya pencegahan bersama pemerintah desa.

Selain dilakukan secara berkelanjutan, kata Marzuki, melalui bidan desa, BPD, perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga aktif melakukan sosialisasi dan menghimbau warga masyarakat untuk mengurangi mobilitas ke luar daerah dan selalu menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Pemerintah desa juga telah menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di beberapa titik, seperti balai desa, pos ronda, masjid, mushola, dan beberapa tempat umum lainnya. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)