Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РKepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Rianto mengatakan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani  atau Serasi, salah satunya diharapkan mampu mengatasi banjir di lahan pertanian saat musim penghujan.

Dijelaskan Slamet, program Serasi ini adalah tentang pengaturan sirkulasi air di lahan-lahan pertanian sehingga fungsi dari program ini untuk mengatur keluar-masuknya air ke saluran yang tersambung ke lahan pertanian milik petani.

Memasuki musim penghujan tahun ini, terang Slamet, Dinas Pertanian setempat masih belum menerima terjadi banjir di lahan-lahan pertanian. Dirinya berharap dengan pelaksanaan program serasi sebelumnya menjadi suatu jawaban  bahwa kegiatan ini adalah untuk menangkal atau memperbaiki sestem saluran air.

Apabila sampai terjadi banjir di kawasan lahan pertanian, kata Slamet, pihaknya tetap membantu mesin-mesin alat pompa untuk membuang air yang merendam lahan pertanian itu. Namun sampai saat ini belum ada laporan ada lahan pertanian yang terendam banjir.

Dikatakan Slamet optimalisasi kawasan rawa untuk dijadikan lahan pertanian dilakukan kepada empat kecamatan. Yakni Kecamatan Kahayan Kuala, Kecamatan Sebangau Kuala, Kecamatan Maliku dan Kecamatan Pandih Batu. (ONY/ DENK)