Panen perdana kelompok budidaya ikan Sinar Lestari Desa Mentaren II Kecamatan Kahayan Hilir. (FOTO WIDODO/ TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – General Manager PT PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau Munif (15/3/2021) mengungkapkan bahwa bentuk kepedulian kepada lingkungan masyarakat disekitar wilayah operasional kerja dibuktikan dengan disalurkannya berbagai bantuan dari program Coorporate Social Responbility (CSR) sebagai tanggungjawab sosial perusahaan yang diberikan kepada masyarakat.

Dikatakan Munif, sejak perusahaan beroperasi pihaknya mulai memberikan bantuan CSR dengan sasaran kepada masyarakat ring satu yang meliputi Desa Mintin, Desa Buntoi dan Desa Mantaren II Kecamatan Kahayan Hilir. Berbagai program bantuan CSR tersebut disalurkan dalam pengembangan beberapa sektor meliputi peningkatan kapasitas, pemberdayaan masyarakat, seperti program hydroponik di Desa Mintin, dan sekarang ini membantu dalam mengembangkan program budidaya perikanan bagi petani Desa Mantaren II Kecamatan Kahayan Hilir yang tergabung di dalam kelompok.

Program bantuan CSR PT PJB UBJOM dan PLN UPDK Palangkaraya kali ini di peruntukan kepada kelompok tani Sinar Lestari di Desa Mantaren II dalam pengembangan budidaya ikan patin, berupa sarana dan prasarana penujang budidaya ikan seperti bibit ikan, pompa air dan jaring.

Dikatakan Munif, bantuan tersebut diberikan secara berkelanjutan. Pihaknya juga melakukan kerjasama dengan masyarakat sekitar dengan melakukan pengawasan dan monitoring. Kedepan pihaknya memetakan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sehingga penyaluran bantuan program CSR dapat bermanfaat di masyarakat.

Panen perdana budidaya ikan patin kelompok tani Sinar Lestari di Desa Mantaren II ini, terang Munif, menunjukan bahwa keseriusan kelompok dalam mengelola dan mengembangkan budidaya ikan. Melihat hasil panen ikan tersebut dirinya optimis, dan kedepanya bisa dikembangkan sarana pendukung lainya, seperti pembuatan gazebo hingga lampu penerangan.

Lanjut dikatakan Munif, pihaknya sangat mendukung berbagai program CSR yang telah salurkan karena melalui program tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Baik, secara infrastruktur dan ekonomi  bagi masyarakat sekitar dengan berharap adanya dukungan dan sinergitas dari pemerintah daerah setempat.

Ketua Kelompok Tani Sinar Lestari Suwandi mengatakan dirinya saat ini mengelola 11 kolam budidaya ikan. Dengan adanya bantuan mesin pompa air dan bantuan lainnya sangat membantu dalam peningkatan penghasilan budidaya ikan yang dilakukan. Terkait penjualan hasil ikan dirinya sampai saat ini belum mengalami kendala. Hasil panen ikan di jual sampai ke luar daerah seperti Sampit, Palangka Raya, Pankalan Bun, bahkan sampai ke Pontianak Kalimantan Barat.

Kasi pengawasan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau Rambang yang turut hadir dalam panen ikan tersebut mengatakan bahwa kerjasama antara PT PJB UBJOM Pulang Pisau dan PLN UPDK Palangkaraya dengan pemerintah setempat bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat. Bentuk kepedulian melalui program CSR seperti ini diharapkan berkelanjutan demi meningkatkan perekonomian bagi masyarakat

Selanjutnya kata Rambang, pihak dinas melakukan upaya dalam menangani pasca panen budidaya ikan, berupa pembinaan dalam mengolah hasil panen yang nantinya diolah dan dikemas dengan baik sehingga akan medapatkan nilai jual yang tinggi. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)