Kepala Puskesmas Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau, dr Endah Hastari Ningsih. (FOTO ONY/ TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT РKepala Puskesmas Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau dr  Endah Hastari Ningsih menghimbau seluruh masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan masing-masing akibat maraknya penyakit demam berdarah (14/01/2020).

Endah mengatakan bahwa masyarakat harus waspada untuk terjadinya lonjakan demam berdarah karena berdasarkan dua tahun yang lalu angka kejadian demam berdarah cukup tinggi. Untuk menekan angja demam berdarah, pada Tahun 2019 pihaknya melakukan antisipasi dengan penyuluhan dan pelaksanaan gebyar pemberantasan sarang nyamuk.

Dikatakannya, tetap dihimbau bagi masyarakat untuk tetap melakukan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan masing-masing karena resiko lonjakan demam berdarah pada musim penghujan masih tetap ada. Untuk pencegahan berkembangnya sarang nyamuk sendiri, terang Endah, pertama-tama hindari menggantung pakaian di belakang pintu. Jika ada pakaian yang telah dipakai dan ingin dipakai kembali disarankan untuk menyiapkan khusus satu lemari.

Menurut Endah, gejala demam berdarah itu awalnya penderita mengalami demam tinggi secara tiba-tiba selama 2 sampai 7 hari, kemudian bisa diikuti dengan sakit kepala dan rasa mual dalam beberapa hari. Pada hari ke lima biasanya muncul bintik-bintik kemerahan. Misal yang terkena itu seorang perempuan, masa haidnya lebih lama atau haid datang lebih cepat dari waktu yang sewajarnya. Gejala lainnya adalah gusi berdarah dan itu juga perlu diwaspadai. Selain imisan atau pendarahan di bagian tubuh lina bisa jadi adalah salah satu gejala dari demam berdarah.

Endah menambahkan, pencegahan terkena demam berdarah yang paling utama adalah memperbanyak minum air putih. Penderita demam berdarah jatuh dalam keadaan syok dan menimbulkam kematian karena kurangnya cairan didalam tubuh disebabkan ada perembesan cairan keluar dari pembuluh darah. Untuk antisipasi gejala-gejala tersebut, usahakan banyak minum agar tidak jatuh dalam keadaan demam berdarah. Untuk obat-obatan demam berdarah sendiri yang ada hanya untuk mengobati gejalanya saja, dan utamanya adalah pemberian cairan pada tubuh.  Jikalau obatnya hanya untuk meredakan gejalanya saja seperti sakit kepala dan gejala demam, bisa menggunakan memakai obat jenis paracetamol.

Selain demam berdarah, kata Endah, trend penyakit dalam musim penghujan umumnya adalah influenza. Influenza sendiri penyebabnya adalah virus. Sampai sekarang untuk antivirus influenza pun belum ada. Cara menangulangi nya adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, biasanya makan makanan bergizi yang tinggi protein atau bisa juga menambahkan minum susu, madu atau imunomodulator yang merupakan obat-obatan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk musim hujan sekarang ini, menurut Endah disarankan untuk memakan makanan yang bergizi, memperbanyak kosumsi lauk dan kurangi minuman manis atau es. (ONY/ DENK)