Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ahmad Jayadikarta.(FOTO/PUTRA)

TRANS HAPAKAT – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ahmad Jayadikarta mengatakan salah satu prioritas usulan masyarakat dari hasil reses yang dilaksanakan oleh wakil rakyat belum lama ini di Daerah Pemilihan III yang meliputi Kecamatan Sebangau Kuala dan Kahayan Kuala adalah kelanjutan pemanfaatan embung untuk ketersediaan air pada saat terjadi musim kemarau.

Menurut Jayadikarata, selama ini pemerintah setempat maupun masyarakat hanya menyoroti penanganan dan kabut adap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)tetapi  tidak memikirkan dampak dari sebuah kemarau panjang. Dua Kecamatan ini telah memiliki embung-embung yang sudah dikerjakan, hanya saja belum bisa berfungsi maksimal untuk penyediaan air  karena tidak dilengkapi sarana dan prasarana penunjang.

Dikatakan Jayadikarta, usulan dukungan sarana dan sarana pada embung ini menjadi hal yang perlu mendapat perhatian, karena di kecamatan ini embung menjadi salah satu alternatif untuk penyediaan air bersih saat musim kemarau, dimana air berubah menjadi payau.

Sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah menyetujui untuk melengkapi sarana dan prasarana fasilitas di embung. Selain dibangun rumah jaga juga dilengkapi  dengan peralatan yang bisa menyalurkan air kepada masyarakat yang membutuhkan.

Meskipun air dalam embung, terang Jayadikarta, masih terasa asam, tetapi paling tidak masyarakat bisa memanfaatkan embung ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan meringankan beban pengeluaran masyarakat daripada membeli air bersih. (PUTRA/DENK)