Penampilan pelaku seni dalam Suar Seni Budaya yang menampilkan keberagaman seni dan budaya yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.(FOTO PUTRA)

TRANS HAPAKAT – Ketua Tim Pokja Percepatan Pembangunan Pariwista Kabupaten Pulang Pisau Triono Rahyudi mengatakan bahwa melalui pergelaran suar seni budaya (27/11/2019) lalu yang didalamnya menampilkan berbagai seni dan budaya yang ada di kabupaten setempat bisa menjadi stimulan atau sebagai pemantik animo dan semangat dari penggiat seni di Kabupaten Pulang Pisau.

Dikatakannya, pihaknya ingin melihat semangat, dan juga ingin melihat seberapa banyak talenta yang ada di daerah setempat. HasiL dari kegiatan ini ternyata luar biasa dan menjadi konsep besar dari Tim Pokja Percepatan Pembangunan Pariwista Kabupaten Pulang Pisau bersama pemerintah daerah yang kedepan merencanakan Suar Seni Budaya menjadi agenda tahunan. Konsep ini juga telah mendapat dukungan dari pihak legislatif dari ketua DPRD beserta jajarannya. Kedepan kegiatan seperti ini bisa menjadi sebuah kegiatan resmi.

Diakui Triono, pengembangan dari kegiatan Suar Seni Budaya ini menjadi tugas besar karena ternyata di Pulang Pisau punya banyak sekali potensi tapi masih belum terkoordinir dan belum tereksplore dengan baik.

Triono menambahkan melalui program percepatan pembangunan Pariwisata ini juga mengeksplor seni budaya dalam rutmen pembangunan. Melalui rutmen ini bisa digarap dengan lebih baik, lebih detail, terukur, terencana, dan bisa lebih optimal.

Ketua Panitia Suar Seni Budaya Tandean Indra Bela berharap kegiatan ini akan terus di lanjutkan yang sebagai hiburan bagi masyarakat Pulang Pisau dan untuk melestarikan seni budaya yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. Seni yang di tampilkan diantaranya seni tari dari sanggar budaya yang ada di Pulang Pisau, seni kerajinan tangan, seni musik dari musik etnik, rap, dan band.

Dirinya juga mengharapkan para remaja dan generasi muda bisa untuk mengembangkan bakat yang mereka kuasai agar generasi muda di Pulang Pisau memiliki karakter dalam  bidang seni. Pelaku seni dapat meperlihatkan keahlian yang dipunya dan para pelaku seni berharap di Tahun 2020 mendatang Suar Seni Budaya tetap dilaksanakan dan lebih meriah dari sebelumnya dengan mengundang pelaku seni dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.(AYU/PUTRA/DENK)