Penyaluran BST APBD Provinsi Kalimantan Tengah yang dilakukan secara virtual oleh Gubernur Sugianto Sabran. (FOTO TRANS HAPAKAT)

TRANS HAPAKAT – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo secara virtual melalui video conference menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada sebanyak 8.986 Kepala Keluarga (KK) penerima yang terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19, Jumat (3/7/2020).

Bantuan dengan total mencapai Rp4,493 Miliar bersumber dari APBD Provinsi Kalimantan Tengah disalurkan melalui Cabang Bank Kalteng Pulang Pisau dan disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat dengan nilai bantuan sebesar Rp500 ribu per KK.

Dalam video conference tersebut, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto juga menyempatkan diri berbincang dengan dua perwakilan penerima bantuan berusia senja yang sehari-hari bekerja sebagai buruh sawah dan tambal ban. Keduanya diberi Sugianto Sabran uang tunai sebesar Rp40 Juta dari kantong pribadi untuk membantu modal usaha

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menyampaikan ucapan rasa terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah atas bantuan yang telah diberikan untuk warga Pulang Pisau yang terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Dikatakan Edy di dalam penanganan COVID-19 di Pulang Pisau bahwa saat ini ada penurunan secara signifikan penyebaran virus, terbukti hanya menyisakan dua pasien yang masih  masih dalam perawatan. Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini mengajak semua masyarakat bersama-sama berdoa agar pandemi  COVID-19 segera berakhir.

BST yang bersumber dari APBD Provinsi Kalimantan Tengah untuk masyarakat terdampak COVID-19 di Kabupaten Pulang Pisau tersebar di delapan kecamatan yakni di 60 desa/kelurahan yakni Kecamatan Kahayan Hilir, Kecamatan Jabiren Raya, Kecamatan Kahayan Tengah, Kecamatan Sebangau Kuala, Kecamatan Maliku, Kecamatan Kahayan Kuala, Kecamatan Banama Tingang, dan Kecamatan Pandih Batu.

Turut hadir mendampingi Bupati Pulang Pisau dalam penyaluran simbolis bagi penerima BST terdampak COVID-19 diantaranya Plt Sekretaris Daerah  Saripudin, Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Budi Santoso, Pabung Pulang Pisau 1011/KLK Mayor Arh Subur Harsono,  Waka Polres Kompol Roni  Wijaya, Kepala Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau Ardiansyah, beserta OPD Kabupaten Pulang Pisau. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)