HAPAKAT – Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, H Johansyah mengaku setuju dilaksanakannya ┬áBimbingan Teknis (Bimtek) oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Pulang Pisau belum lama ini dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi aparatur di lingkungan pemerintah desa.

Meskipun bimtek tersebut tidak bisa diikuti oleh seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Pulang Pisau, terang Johansyah, namun hal ini merupakan wacana yg sangat positif untuk peningkatan SDM.

Johansyah berharap kepada kepala desa yang sudah mengikuti kegiatan Bimtek tersebut agar dapat membagikan ilmu yang telah didapat dengan perangkat di desanya masing-masing sehingga seluruh perangkat desa bisa menerapkan ilmu yang diperoleh tersebut.

Johansyah memaparkan disamping mengikuti Bimtek yang materinya disampaikan oleh para pakar yang ada di pusat, peserta Bimtek juga bisa melihat langsung kondisi lapangan desa desa yang sudah maju di daerah lain. Seperti dalam pengelolaan Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), sistim pelaporan, BUMDes serta sistem pelayanan administrasi dan yang lainnya.

Johansyah menambahkan terkait tidak semua kepala desa diikutkan dalam kegiatan Bimtek tersebut karena merupakan kewenangan pihak eksekutif. Namun pihaknya berharap kegiatan Bimtek bisa terlaksana secara terus menerus sesuai dengan kemampuan daerah. Jika ingin dilaksanakan di luar atau di dalam daerah sah-sah saja, tidak ada permasalahan. Mungkin ada pertimbangan dari pihak yang berkompeten sehingga Bimtek tersebut dilaksanakan ke luar daerah. (HPK-05AYU)