(FOTO ILUSTRASI)

TRANS HAPAKAT – Wakil Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo (13/8/2020) mengungkapkan terjadi ada penambahan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Pasien terkonfirmasi positif yang terpapar dari transmisi lokal ini berasal dari Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir.

Dikatakan Muliyanto, dengan bertambahnya satu pasien positif COVID-19 hari ini, maka total keseluruhan jumlah terkonfirmasi positif menjadi 52 pasien. Dengan rincian pasien yang masih dal;am perawatan sebanyak tujuh orang, yaitu lima orang dirawat di RSUD Pulang Pisau, satu pasien di rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, dan satu pasien di rawat di RS PKU Muhammadiyah Palangka Raya .

Selain adanya penambahan satu pasien positif COVID-19 , terang Mulyanto, pada hari yang sama ada  sebanyak dua pasien sembuh yang  berasal dari Desa Sidodadi Kecamatan Maliku. Dengan bertambahnya dua pasien sembuh COVID-19, maka total pasien sembuh menjadi sebanyak 43 pasien, yang terdiri dari Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 36 orang, Kecamatan Maliku sebanyak tujuh orang, Kecamatan Kahayan Tengah sebanyak lima orang, Kecamatan Pandih Batu dan Kahayan Kuala masing-masing satu orang , sedang yang meningal dunia berjumlah dua orang .

Lanjut Muliyanto bahwa dua pasien yang sembuh tidak lain berkat kerja keras semua pihak khususnya tim medis RSUD Pulang Pisau. Selama dirawat pasien selalu diberi motivasi dan dukungan sehingga dapat  mempecepat proses kesembuhan.

Penyebaran COVID-19 di Pulang Pisau, dikatakan Muliyanto, sudah banyak disebabkan adanya transmisi lokal. Diharapkan adanya penguatan protokol kesehatan di tempat keramaian, tempat kerja, rapat-rapat yang mengumpulkan orang banyak masih berpotensi menjadi penyebab penularan COVID-19 .

Tim Satgas Penanganan COVID-19 Pulang Pisau tentunya akan lebih keras dalam bekerja dan perlu dukungan dari semua pihak dan masyarakat agar tetap mentaati dan mematuhi protokol kesehatan,  hindari dari kerumunan orang banyak, selalu memakai masker bila beraktifitas diluar rumah, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pulang Pisau. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)