Site icon www.transhapakat.web.id

Update (21/7/2021) Dua Pasien COVID-19 Meninggal Lagi! Tiga Hari 28 Orang Dinyatakan Positif

(FOTO ILUSTRASI)

TRANS HAPAKAT – Kepala Dinas Kesehatan yang juga selaku Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo (21/7/2021) membenarkan kembali ada dua pasien positif  yang meninggal dunia.

Dua pasien meninggal dunia adalah wanita berusia 30 tahun asal dari Desa Maliku Baru RT.04 Kecamatan Maliku dan pria berusia 71 tahun berasal dari Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebangau Kuala.

Dikatakan Muliyanto, pasien positif yang meninggal dunia dari Desa Maliku Baru Kecamatan Maliku, sebelumnya mendapatkan perawatan di RSUD Pulang Pisau. Pasien berusia 30 tahun ini menjalani perawatan dengan keluhan batuk, demam, dan sesak nafas.

Hasil swab antigen dinyatakan positif, dilanjutkan swab PCR pada (12/7/2021) hasilnya juga positif COVID-19 dengan penyakit penyerta hypertensi dan riwayat eklamasi. Selanjutnya pasien dimakamkan di Tempat  Pemakaman Umum (TPU) Pasar Kamis secara protokol kesehatan oleh petugas  RSUD Pulang Pisau.

Lanjut dikatakan Muliyanto, pasien meninggal dunia asal dari Desa Mekar Jaya Kecamatan Sebangau Kuala juga mengalami keluhan yang sama yakni batuk, demam, dan sesak nafas, dan hasil swab antigen positif. Senin (19/7/2021) pasein pulang atas permintaan sendiri, bahkan menolak untuk dirujuk, dan selama di rumah kondisi pasien terus mengalami penurunan dan akhirnya meninggal dunia. Hasil swab PCR (20/7/2021) dinyatakan positif.

Muliyanto menyayangkan pihak keluarga yang tidak memberitahu kepada Satgas Penanganan COVID-19 kabupaten setempat, terkait dengan proses pemakaman pasien positif COVID-19 tersebut. Kejadian seperti ini diharapkan jangan sampai terulang di kemudian hari, yang justru berdampak negatif terhadap masyarakat di wilayahnya.

Muliyanto meminta petugas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh  desa dan kelurahan agar selalu berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang intens dengan Satgas Penanganan COVID-19 kabupaten. Diharapkan dengan koordinasi ini penanganan dan pemantauan dalam penyebaran COVID-19 dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Muliyanto mengungkapkan dalam kurun waktu tiga hari terjadi lonjakan pasien positif di kabupaten setempat sebanyak 28 orang yang tersebar di beberpa kecamatan. Antara lain, Kecamatan Kahayan Hilir berjumlah 21 orang, Kecamatan Pandih Batu berjumlah tiga orang, Kecamatan Sebangau Kuala sebanyak dua orang, Kecamatan Maliku dan Kecamatan Kahayan Tengah masing-masing satu orang.

Total pasien positif Kabupaten Pulang Pisau menjadi 768 orang. Pasien sembuh sebanyak 632 orang. Pasien dalam perawatan sebanyak 101 orang. Pasien meninggal dunia bertambah menjadi 35 orang.

Selanjutnya terang Muliyanto, penyebaran varian baru COVID-19 sudah banyak terjadi di tingkat transmisi lokal dan komunitas sehingga tidak mudah untuk di deteksi. Masyarakat diminta jangan panik, tetap taati protokol kesahatan, melakukan pola hidup sehat, dan menerapkan pola istirahat tidur minimal tujuh jam. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)

Exit mobile version